Ternak di Pringsewu Mulai Divaksin PMK

Ternak di Pringsewu Mulai Divaksin PMK

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Waspada penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), ternak di Kabupaten Pringsewu mulai mendapat penyuntikan vaksinasi. 

Target vaksinasi untuk tahap 1 dapat menjangkau 1000 ekor ternak di wilayah Kabupaten Pringsewu.

Pj Bupati Adi Erlansyah bersama asisten pemkab setempat Masykur turun langsung ke Pekon Sukoharum didampingi kadis pertanian Siti Litawati Camat Adiluwih Purwanto dan kepala pekon Ridwan, Selasa (28/6).

Vaksinasi setidaknya menurut Kepala Bidang  Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono  telah menyasar 200 ternak saat vaksinasi sebelumnya di pekon Adiluwih.

"Targetnya untuk tahap 1 sebanyak  1.000 ekor ternak dapat kita vaksin," ungkapnya. 

BACA JUGA:Cegah PMK, Pemkab Pesbar Dapat 500 Dosis Vaksin Ternak

Saat monitoring oleh Adi Erlansyah tersebut, warga diminta untuk tak resah terkait penyakit mulut dan kuku yang kini sedang merebak di sejumlah tempat itu.

"Warga atau peternak tak perlu resah, bila mendapati ternaknya kurang sehat atau mengalami gejala PMK segera hubungi petugas peternakan terdekat," pesan drh. Budi mendampingi kadis pertanian Siti Litawati.

Upaya memberi pemahaman terhadap kesehatan ternak juga telah dilakukan bidang peternakan pada dinas pertanian tersebut.

"Sebelum vaksinasi perdana kita adakan sosialisasi vaksinasi  di balai pekon Adiluwih yang dihadiri sekdis pak Maryanto, camat Adiluwih, serta unsur TNI Polri," jelasnya.

BACA JUGA:Adi Erlansyah Resmikan Pembangunan LPM Gapoktan Secancanan

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pringsewu juga telah mengerahkan petugas untuk tracing dan identifikasi ke peternak. Ini dilakukan guna deteksi serta antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) ternak.

“Kita sekarang mengerahkan semua personel untuk tracing dan identifikasi di lapangan,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono 

Langkah lain, mengefektifkan KIE (komunikasi informasi edukasi) ke masyarakat. Untuk menyatukan gerak dan langkah, pihaknya juga sudah rakor konsolidasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini penyakit tersebut.

“Sudah kita satukan langkah sebagai bentuk kesiapsiagaan agar PMK tak terjadi di Pringsewu serta antisipasi dini,” sebut alumnus Kedokteran Hewan UGM itu.(sag/mlo)

 

Vaksinasi ternak di monitoring Pj Bupati Adi Erlansyah dan asisten Maskur Hasan didampingi Kadis Pertanian Siti Litawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: