Petugas Bagikan KKS Penerima BPNT PPKM Tambahan di Kecamatan Airhitam

Petugas Bagikan KKS Penerima BPNT PPKM Tambahan di Kecamatan Airhitam

Medialampung.co.id - Aparatur Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama petugas pendamping sembako kecamatan, melakukan pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KKS yang dibagikan tersebut yakni penambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang digulirkan pemerintah pusat untuk masyarakat pra sejahtera. 

Kasi Pemberdayaan Pekon Sumberalam Purwasih mendampingi Peratin Husain mengatakan, untuk pekon itu mendapat tambahan 34 KKS, namun yang masih terdata 26 KPM, dan setelah di kroscek di lapangan tiga KPM tidak ada ditempat (merantau), tiga KPMKKS tidak ditemukan orangnya, dan dua orang tidak hadir karena masih di luar pekon. 

"Semua akan tetap bisa dikasih KKS kecuali warga yang tidak ditemukan orangnya," kata Husain.

Di tempat lain, dijelaskan Pendamping Sembako Kecamatan Airhitam Fitri Yanti, di Kecamatan Airhitam terjadi penambahan penerima BPNT PPKM yang datanya langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebanyak 296 KPM. Namun, setelah didata di lapangan, yang tersalur hanya 185 KPM, dan sisa yang tidak tersalur 111 KPM.

Dimana dari jumlah 111 KPM tersebut dikarenakan ada yang telah pindah domisili, ada juga yang tidak ditemukan orangnya meski ada datanya, ada juga yang ganda dan ada yang menolak menerima karena secara ekonomi sudah mampu. "Tentunya data yang tidak tersalur itu akan dikembalikan ke pusat," sebutnya. 

Dijelaskan Fitri dengan penambahan itu secara keseluruhan penerima BPNT KPM di Kecamatan Airhitam mencapai 800-an KPM. Dimana setiap bulannya warga penerima bantuan akan memperoleh 10 kg beras, telur ayam satu karpet kentang 1 kg, buah-buahan 1 kg dan kacang hijau 1/2 kg. 

Pada kesempatan itu Fitri berharap untuk kedepannya, karena ada KKS tidak tersalur bisa dialihkan ke warga yang berhak menerima. Dan diharapkan dapat diusulkannya lagi warga penerima bantuan. Lantaran masih banyak yang berhak menerima namun belum terdata. 

"Sembako yang diambil dengan KKS tersebut dilaksanakan di E-Warong langsung oleh setiap KPM," tandasnya (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: