Terkait Budidaya Singkong, Pemkab Lamteng Akan Kerjasama dengan PT BAS

Terkait Budidaya Singkong, Pemkab Lamteng Akan Kerjasama dengan PT BAS

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Tengah akan bekerja sama dengan PT Bima Agrotama Sukses (BAS). Hal ini terkait kerja sama kemitraan budidaya ubi kayu atau singkong.

Plt. Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Lamteng Eko Dian Susanto menyatakan kerja sama dengan PT Bima Agrotama Sukses belum dilaksanakan. 

"Kerja samanya belum dilaksanakan. Masih dalam pembahasan internal. Nanti kalau pihak PT Bima Agrotama Sukses sudah datang, saya kabari. Rencananya sih setelah Lebaran ini. Tapi belum tahu," katanya.

Gambaran bentuk kerja sama dengan PT Bima Agrotama Sukses, kata Eko, pihak perusahaan akan membantu pemasaran ubi kayu. "Gambaran umumnya yang bermitra dengan petani. Pihak PT Bima Agrotama siap membantu pemasaran harga singkong dan budidayanya," ujarnya.

Masalah kesepakatan harga, kata Eko, secara khusus langsung dengan petani lewat asosiasi. "Ke petani langsung lewat asosiasi. Kalau Pemkab Lamteng kerjasamanya secara umum saja," ungkapnya.

Diketahui kerjasama dengan PT Bima Agrotama Sukses difasilitasi oleh Kementerian Pertanian. PT Bima Agrotama Sukses akan membeli ubi kayu dengan patokan harga terendah Rp1.200.

Petani memiliki jaminan kepastian harga. Namun, PT Bima Agrotama Sukses juga meminta kepastian kualitas kadar pati 25 %. PT Bima Agrotama Sukses juga siap menyiapkan bibit dan pupuk agar kualitas ubi kayu terpenuhi. (sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: