Tahun Ini, Pemkab Lambar Siapkan Dana BTT Rp5,3 Miliar 

Tahun Ini, Pemkab Lambar Siapkan Dana BTT Rp5,3 Miliar 

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar menyiapkan dana Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp5,3 miliar lebih pada APBD murni tahun 2022.

"Pada APBD tahun 2021 lalu kita menganggarkan dana untuk BTT sebesar Rp4,004 miliar lebih namun tahun ini sebesar Rp5,3 miliar lebih," ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Minggu (2/1)

Menurut Okmal, dana BTT tersebut disiapkan oleh Pemerintah Daerah untuk menangani secara darurat setiap bencana alam yang terjadi, atau yang sifatnya kedaruratan lainnya.

"Untuk dampak bencana alam yang bisa menggunakan dana tersebut dalam penanggulangannya, hanya yang sifatnya darurat atau mendesak saja. Untuk dana BTT ini tidak harus habis dalam satu tahun anggaran namun disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan yang disampaikan kepada kami," katanya.

Adapun prosedur untuk mencairkan biaya tak terduga, kata Okmal, yaitu peratin atau lurah serta camat mengusulkan bantuan kepada perangkat daerah (PD) terkait, kemudian usulan atau proposal tersebut diajukan kepada BPKD. 

"Sepanjang ada pengajuan atau usulan yang masuk kepada kita dan memenuhi persyaratan maka kita siap untuk menyalurkan bantuan dana tersebut," tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: