Tahun Depan, Kubuperahu Tidak Lagi ‘Blank Spot’

Tahun Depan, Kubuperahu Tidak Lagi ‘Blank Spot’

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat akan menuntaskan persoalan blank spot yang terjadi di Pemangku I Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit, dengan dilakukan penguatan sinyal melalui pemasangan repeater di dua titik di wilayah tersebut. 

Sekretaris Diskominfo Lambar Indrayani mengungkapkan, pengadaan dua alat repeater untuk memperkuat sinyal ponsel di Pemangku I tersebut akan dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tahun anggaran 2022 mendatang. 

"Insha Allah masalah blank spot untuk wilayah Pemangku I Pekon Kubuperahu tahun depan bisa teratasi, kami sudah susun anggaran untuk pemasangan di dua titik, dan semoga memungkinkan dan disetujui oleh pihak DPRD," ungkap Indrayani mendampingi Kepala Diakominfo Lambar Padang Prio Utomo, Kamis (11/11). 

Namun, kata Indrayani, pemasangan repeater penguat sinyal tersebut tidak bisa mengcover seluruh wilayah di Pemangku I Pekon Kubuperahu tersebut, karenanya pemasangan akan dilakukan pada titik strategis salah satunya di sekitar balai pekon dalam rangka mendukung roda pemerintahan, serta titik padat penduduk lainnya. 

"Penguat sinyal yang akan dipasang itu hanya memiliki radius sekitar 25-50 meter, sehingga tentunya tidak bisa mengcover seluruh wilayah, karena itu kami menganggarkan untuk dua titik, dan semoga ini akan membantu masyarakat setempat yang selama ini kesulitan mendapatkan sinyal ponsel," kata dia. 

Lebih lanjut dikatakan Indrayani, pengentasan infrastruktur jaringan telekomunikasi menjadi salah satu prioritas Pemkab Lambar sejak beberapa tahun terakhir. 

Target nasional, pada 2023 mendatang semua daerah sudah terpasang infrastruktur jaringan internet. Dengan begitu tidak ada lagi daerah blankspot. 

“Sesuai target renstra Kominfo, ada tiga titik pada tiga kecamatan. Seperti Pekon Pancurmas, Kecamatan Lumbokseminung: Pekon Tembelang, Kecamatan Bandarnegeri Suoh dan Pekon Batuapi, Kecamatan Pagardewa,” kata Padang.

Setelah tahun lalu BTS di Pekon Pancurmas dibangun, tinggal tersisa dua lagi yang belum. Ditargetkan pada tahun ini. “Insya Allah kita tuntaskan jaringan telekomunikasi yang masih kurang di Pagardewa dan BNS,” sebut dia. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: