Hujan Deras Perparah Longsor Jalan Kabupaten di Pekon Mutaralam

Hujan Deras Perparah Longsor Jalan Kabupaten di Pekon Mutaralam

Medialampung.co.id - Longsoran badan Kabupaten Lampung Barat di Pemangku II Pekon Mutaralam Kecamatan Waytenong bertambah parah.

Bahkan akibat hujan deras yang terjadi dari Pukul 13.00-15.00 WIB, Senin (25/1) menyebabkan badan jalan putus total dan saat ini sudah menyentuh rumah warga. 

Upaya sementara warga Pekon Mutaralam yang memasang terpal plastik untuk meminimalisir air agar tidak menggerus tanah sia-sia. 

Penyebab longsoran tersebut karena titik itu menjadi pembuangan air yang datang dari Empat penjuru. Dua penjuru dari jalan nasional yang bagian depannya sepanjang ruas jalan akhir 2021 dibangun drainase. Dan dua jalur memang jalur lama.

Selain memutus badan jalan dan mengancam rumah, bencana tanah longsor itu juga menyebabkan kerusakan jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci. [caption id="attachment_191024" align="aligncenter" width="1280"] upaya masyarakat meminimalisir longsor dengan memasang terpal plastik sia-sia[/caption]

Disampaikan Kepala Cabang (Kacab) PDAM Limau Kunci Waytenong Budi Satrainsa, longsornya jalur itu juga memutus pipa induk, dan kini jalur tersebut tengah diputus. 

"Akibat longsor ini aliran air pipa induk kami putus dan sementara 180 pelanggan air tidak mengalir, namun kami melakukan antisipasi dengan akan memulai pemindahan jaringan agar aliran ke pelanggan secepatnya normal," ungkapnya.

Satu hari sebelumnya, Senin (24/6), lokasi longsor telah ditinjau tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dipimpin Kabid Binamarga Robert Putra, S.T.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: