Hari Libur, Puskesmas Sumberjaya Buka Gerai Vaksin di Tempat Wisata

Hari Libur, Puskesmas Sumberjaya Buka Gerai Vaksin di Tempat Wisata

Medialampung.co.id - Tempat Wisata Hutan Pinusan, Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menjadi salah satu lokasi gerai vaksin Covid-19 tim gabungan dikomandoi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya, Senin (28/2).

Kepala Puskesmas Mediansah, S.K.M., M.Kes., mengatakan, dalam gerai vaksin tim gabungan mulai dari kecamatan, TNI, Polri dan medis melakukan vaksin dengan segala cara, mulai dari mendatangi rumah warga (door to door), melakukan vaksinasi di sekolah, di lokasi acara, seperti pengajian tempat ibadah, di tempat wisata dan yang selalu memberikan pelayanan di puskesmas.

"Seperti di Pekon dan Kelurahan petugas bidan desa dibantu pihak kecamatan, pekon/kelurahan dan Babinsa, Bhabinkamtibmas door to door ke rumah warga yang belum vaksin atau sudah vaksin tapi belum komplit semisal sudah dosis satu tapi belum dosis dua, atau sudah dosis dua dan telah berjalan tiga bulan ke atas dapat di vaksin dosis tiga (booster)," terangnya.

Diakui Mediansah, masih diberlakukannya pelayanan vaksin semua dosis, karena di Kecamatan Sumberjaya untuk Dosis pertama persentase baru mencapai 80-an persen, dosis dua 50-an persen dan dosis tiga masih minim di bawah Tiga persen karena memang baru dimulai.

Mediansah berpesan, bagi warga yang belum vaksin atau sudah vaksin tapi belum komplit silahkan berkunjung ke puskesmas, atau jika tidak bisa diinformasikan agar petugas yang datang ke rumah warga.

Ditempat yang sama ditambahkan Kasubag TU Novita Hasda, S.Kep., menambahkan dilakukan gerai vaksin di tempat wisata, terutama pada hari libur karena biasanya banyak pengunjung. Dan momen itu dimanfaatkan baik oleh petugas maupun masyarakat yang berwisata di vaksin. 

"Alhamdulilah hasil kita dalam buka gerai vaksin di tempat wisata lumayan banyak, artinya upaya ini cukup baik. Dan semoga di situasi strategis lainnya juga dapat dimanfaatkan," kata dia. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: