SMAN 2 Liwa Resmikan Tim Literasi Sekolah

SMAN 2 Liwa Resmikan Tim Literasi Sekolah

Medialampung.co.id - Tim literasi sekolah (TLS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Liwa Kabupaten Lambar diresmikan, Selasa (8/10).

Bahkan mulai kemarin, TLS yang di Ketuai Endah Lestari, SS serta 17 orang lainnya sebagai Penanggungjawab dan anggota TLS resmi bekerja. Hal itu berdasarkan surat Keputusan Kepala Sekolah No.800/359/421.3/X/2019 tentang Tim Literasi Sekolah (TLS) SMA Negeri 2 Liwa Tahun 2019-2020, tertanggal 8 Oktober 2019, TLS disusun dalam rangka ikut serta mewujudkan dan mendukung terlaksananya Gerakan Literasi Nasional.

“Pembentukan Tim Literasi Sekolah ini sudah merujuk kepada peraturan-peraturan yang mengatur pelaksanaan gerakan literasi dan literasi sekolah yang ada. Mulai dari Undang-Undang, Permendikbud, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga Peraturan Bupati Lampung Barat No.19/2018 tentang Gerakan Literasi Daerah,” ungkap Ketua TLS  Endah Lestari, S.S., mendampingi Kepala SMAN  2 Liwa Budi Wiryawan, S.Pd.

Menurut Endah, SK TLS sengaja ditetapkan pada bulan Oktober ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan perayaan bulan bahasa dan sastra SMAN 2 Liwa tahun 2019. Untuk diketahui, SMAN 2 Liwa akan mengadakan perayaan bulan bahasa dan sastra berupa pengesahan TLS, pelatihan menulis, donasi buku, perlombaan, dan pesta pemuda berkarya. “Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar,“ kata dia.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Liwa, Budi Wiryawan, S.Pd., menyatakan bahwa selain amanah pemerintah melalui peraturan hukum, gerakan literasi sekolah merupakan upaya bersama untuk menumbuh kembangkan budaya literasi di lingkungan pendidikan.

“Kita telah menyusun program kerja satu tahun kedepan, semuanya kita susun secara bertahap sesuai kemampuan sekolah dan peserta didik. Untuk enam bulan pertama pelaksanaan literasi sekolah akan disesuaikan pada tahap pembiasaan terlebih dahulu, semoga terlaksana dengan baik,” kata Budi. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: