Sempat Terhambat, Insentif Guru Honor Cair dalam Waktu Dekat

Sempat Terhambat, Insentif Guru Honor Cair dalam Waktu Dekat

Medialampung.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat, menganggarkan insentif guru honor yang sempat terhambat pembayarannya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2021 ini.

Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, MM., mengungkapkan, sebelumnya sempat terjadi kesalahan pada proses administrasi yang membuat pembayaran insentif guru honor yang ada di kabupaten setempat tidak bisa dibayarkan pada APBD murni tahun anggaran 2021, karenanya salah satu prioritas Disdikbud pada APBD perubahan yakni menganggarkan terkait insentif guru honor tersebut. 

"Untuk APBD perubahan ini banyak anggaran  di ketenagaan, salah satunya berkaitan dengan honor insentif guru honor yang terlambat pencairannya, kami akui bahwa itu karena kesalahan kami, karena waktu pembuatan administrasi terjadi kesalahan  nomor rekening dan lainnya," ujarnya. 

Meski tidak merinci, namun menurut Bulki, insentif guru honor yang terlambat pembayarannya beberapa bulan terakhir. Pihaknya juga telah menyampaikan kepada para guru honor untuk bersabar. 

"Mungkin ada yang bertanya, kenapa kami (guru honor) sudah sekian bulan tetapi (insentif) belum direalisasikan. Karenanya saya langsung Vidcon dengan 15 kecamatan kaitan dengan masalah itu, saya sampaikan  uang tidak terpakai oleh Kadis dan pemerintahan daerah, tetapi karena ada kesalahan administrasi, dan kalau misalnya disahkan APBD Perubahan ini akan langsung dibayarkan oleh BPKD," ujarnya. 

Selanjutnya terkait dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pada bulan Agustus lalu pihak sekolah membuat laporan Data Peserta Didik (Dapodik), yang disampaikan kepada pusat melalui Disdikbud setempat, sehingga dana BOS yang akan diterima juga berdasarkan Dapodik. 

"Uang itu (Dana BOS) tidak akan neko-neko, karena itu menurut laporan Dapodik dari sekolah yang ada di Lambar ini. Kemudian tunjangan sertifikasi yang belum terbayarkan itu melalui Dapodik semua, jadi Disdikbud tidak mereka-reka," pungkasnya, di hadapan Komisi III DPRD Lambar, saat melakukan rapat kerja (Raker) tentang Perubahan APBD 2021.  (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: