Pemkab Waykanan Terus Berupaya Optimalkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita

Pemkab Waykanan Terus Berupaya Optimalkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita

Medialampung.co.id - Pemkab Waykanan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang Prima kepada ibu-ibu dan para balita melalui bidan bidan desa. 

Pada Kamis (22/10) Kampung Kemu Kecamatan Banjit melakukan kegiatan posyandu rutin setiap bulan untuk memeriksa kesehatan balita dan ibu hamil serta lanjut usia.

Bidan Desa/Kampung Kemu Ericca Elvera Amd.Keb mengatakan, Posyandu merupakan suatu wadah kegiatan yang merupakan proses titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan kampung atau desa dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan, terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi dan angka kelahiran bayi dalam suatu kampung atau desa.

"Penyelenggaraan Posyandu ini dilaksanakan oleh kader-kader Posyandu yang telah dilatih di bidang kesehatan dan Keluarga Berencana, dimana yang anggota Posyandunya berasal dari anggota PKK desa, tokoh masyarakat dan para pemudi dari Kampung setempat," terang Elvera .

Sementara Camat Banjit, Taufik Hidayatno, SSTP., M.Si, menerangkan Maksud dan tujuan diadakannya posyandu adalah untuk meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi ibu hamil, bayi atau anak.

Selain itu juga, kegiatan posyandu yang rutin dilaksanakan pada setiap kampung juga bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui pelayanan kesehatan masyarakat.

"Sasaran dari pelaksanaan kegiatan Posyandu ini adalah bagi seluruh ibu hamil, balita dan anak-anak pada Kampung setempat yang dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali sebagai bentuk kewajiban pemerintah kampung akan kepedulian kesehatan pada masyarakatnya. Dan untuk hasil yang ingin dicapai dan tindak lanjut dari diadakannya kegiatan posyandu adalah agar masyarakat di setiap Kampung setempat menjadi sadar akan pentingnya pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan anak-anaknya,” terang Taufik Hidayatno.

Sehingga balita dan anak-anak bisa mendapatkan imunisasi yang berguna untuk kekebalan tubuhnya masing-masing dari serangan virus maupun kuman penyakit.

Sedangkan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk kedepannya yaitu agar kegiatan posyandu ini tetap berjalan untuk mengedukasi serta memberikan pelayanan secara rutin bagi ibu hamil dan anak-anak, sehingga kesehatan masyarakat lebih terjaga dan bebas dari segala bentuk ancaman berbagai penyakit.

Setiap pelaksanaan kegiatan posyandu ini melibatkan Bidan Desa setempat, Kader Kesehatan atau Kader PKK setempat yang bekerja sama dengan Puskesmas dari Kecamatan Desa masing-masing.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: