Dari Balik Jeruji Besi, Mereka Tetap Berkarya

Dari Balik Jeruji Besi, Mereka Tetap Berkarya

--

Medialampung.co.id - Walaupun masih menjalani masa hukuman didalam penjara. Namun tidak menyurutkan semangat para narapidana (Napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) untuk terus berkarya.

Berbagai karya kerajinan dari tangan para napi di Rutan Kelas IIB Krui sudah banyak dihasilkan, mulai dari pembuatan jaring ikan, miniatur bunga dari barang bekas, hingga hasil kerajinan lainnya. 

Bahkan hasil kerajinan tersebut sering dipamerkan dalam kegiatan pameran kerajinan napi yang digelar Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dadang Adi Patianum, S.H., mengatakan, hingga kini para napi yang ada di Rutan Kelas IIB Krui ini tetap dibina dan dilatih untuk berkarya. 

Salah satunya seperti yang dilaksanakan saat ini dengan membuat jaring ikan, dan juga pembuatan sarung kursi.

"Seluruh napi yang ada di Rutan Kelas IIB Krui ini tetap dilatih untuk membuat dan menciptakan karya kerajinan tangan. Hal ini bertujuan salah satunya sebagai bekal para napi setelah selesai menjalani masa hukuman (bebas) nanti," katanya, Sabtu (25/6).

Sehingga, kata dia, setelah bebas mereka (napi) setidaknya sudah memiliki bekal untuk mengembangkan karya kerajinannya ditengah masyarakat nanti. 

Dengan begitu mudah-mudahan dapat membantu perekonomian para napi setelah bebas nanti, dan bisa melaksanakan kegiatan yang lebih positif serta kehidupan yang lebih baik lagi kedepan.

"Hasil karya kerajinan para napi tersebut juga banyak peminatnya, bahkan ada juga masyarakat yang memesan hasil kerajinan napi tersebut seperti jaring ikan dan sebagainya, mudah-mudahan kedepan hasil kerajinan napi ini terus berkembang," pungkasnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: