Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur umum untuk Korban Banjir

Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur umum untuk Korban Banjir

Medialampung.co.id - Pemkab Tanggamus bergerak cepat melakukan penanganan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Semaka . Setelah menerjunkan sejumlah alat berat, Posko dapur umum juga langsung didirikan . 

Kamis (1/10) , Bupati Dewi Handajani bersama Kepala BPBD Hamid H Lubis dan jajaran  melakukan peninjauan ke lokasi bencana, dengan langsung mendirikan posko penanggulangan bencana serta dapur umum. 

Dalam pengarahannya, bupati Dewi Handajani mengatakan, ada sejumlah langkah dilakukan dalam penanganan banjir tersebut. 

Diantaranya, pembersihan jalinbar dari material longsor dengan menggunakan alat berat,  menurunkan  alat berat di empat titik tanggul yang jebol berada Pekon Way Kerap dan Pekon Sukaraja. 

Pemberian bantuan bahan makanan kepada masyarakat yang terdampak banjir, mendirikan dapur umum,  melakukan inventarisasi jumlah kerugian. 

Seperti sektor pertanian berapa luas lahan yang terdampak, kerusakan administrasi kependudukan milik warga juga harus didata, serta berbagai hal lainnya, ungkap bupati. 

Selanjutnya  penanganan permanen jangka panjang dengan mengajukan usulan perbaikan empat titik  tanggul jebol kepada pemerintah Provinsi dan pusat. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hamid H. Lubis menambahkan, khusus untuk jalinbar ditargetkan  paling lambat sudah dapat dilalui kendaraan Sore hari ini. 

Dimana ada 4 unit eskavator dan damtruk diturunkan melakukan pembersihan jalinbar. Satu unit eskavator berasal dari P2JN, terangnya. 

Hamid H. Lubis juga menambahkan, jika ada masyarakat yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan kepada Korban banjir Semaka dapat menyerahkan nya ke Posko penanggulangan bencana di kantor kecamatan Semaka, pungkasnya. 

Hamid H Lubis juga mengatakan, pada hari itu sejumlah paket bantuan telah diserahkan kepada masyarakat Terdampak banjir. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: