Peringati HUT ke-340, Pemkot Bandarlampung Gelar Donor Darah Massal

Peringati HUT ke-340, Pemkot Bandarlampung Gelar Donor Darah Massal

--

Medialampung.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-340, Pemkot Bandarlampung berkolaborasi dengan UTD PMI Pembina Provinsi Lampung dengan kegiatan donor darah massal di Gedung Semergou lantai II, Selasa (21/6).

Sekitar 500 orang pegawai Pemkot Bandarlampung mengikuti kegiatan donor darah turut serta dalam donor dari berbagai instansi vertikal (Lanal, Brimob Polda Lampung) 

Kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat, selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah, anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat menjadi lemas adalah salah.

"Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antara lain menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah," kata Walikota Bandarlampung Eva Dwiana.

Dalam kegiatan tersebut Pemkot Bandarlampung menargetkan 340 kantong darah sesuai dengan usia Kota Bandarlampung saat ini.

"Ternyata melebihi target, yang tadinya 400 pendonor malah tambah menjadi 500-an, ya mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini bermanfaat menjaga stok darah untuk membantu masyarakat," jelasnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi yang ikut langsung mendonorkan darahnya di rangkaian kegiatan HUT Kota Bandarlampung tersebut.

“Antusiasme Forkompinda benar-benar luar biasa. Mudah-mudahan darah yang sudah kita kumpulkan ini bisa disosialisasikan dan bisa diberikan kepada warga Bandar Lampung atau provinsi Lampung yang membutuhkannya," ujarnya 

Salah satu peserta donor darah mengaku hingga saat ini telah mendonorkan darahnya sebanyak 7 kali.

"Nah ini saya udah ketujuh kalinya. Tapi biasanya saya atas inisiatif sendiri tapi sekarang ada himbauan untuk ikut donor darah dalam rangka HUT ke-340 Bandarlampung,” katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan ini cukup bagus karena diingatkan untuk hidup sehat dengan rutin donorkan darah.

“Jadi bagus ada giat ini, karena biasanya saya datang inisiatif sendiri dengan biasanya 1 tahun dua kali saya donor. Kalau lagi badan fit ya tidak apa-apa paling cuma pening dikit setelah donor,” kata pegawai Puskesmas Kota Karang itu.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: