Pelantikan Ketua TP PKK Pekon di Kecamatan Airhitam dan Gedungsurian Berjalan Sukses

Pelantikan Ketua TP PKK Pekon di Kecamatan Airhitam dan Gedungsurian Berjalan Sukses

--

Medialampung.co.id - Di Kecamatan Gedungsurian dan Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Pekon, kepada pekon yang melaksanakan Pemilihan Peratin (pilratin) pada Februari lalu.

Seperti pantauan Media Lampung di lapangan, Bertempat di Balai Pekon Mekarjaya, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dilakukan pelantikan Ketua TP PKK, Pekon Mekarjaya, Puramekar dan Ciptawaras Periode 2022-2028, Yakni tiga pekon yang telah melaksanakan Pemilihan Peratin (Pilratin) 24 Februari 2022. 

Pada pelantikan yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Gedungsurian Anita Agus Setiawan, dihadiri Camat M.Agus Setiawan, S.E, M.M., Sekcam Narsan, S.E., Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas NS. Asminudin, S.Kep., pengurus dan anggota PKK Kecamatan dari Kelompok Kerja (Pokja) Satu sampai Empat, Seluruh Ketua PKK Pekon dan kader-kader masing-masing. 

Dalam sambutannya Anita, mengharapkan kepada PKK di masing-masing pekon yang baru dilantik untuk secepatnya melakukan pembenahan, bergerak dan menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai peran PKK, melalui pokja-pokja.

Sehingga kata dia seluruh bidang baik pendidikan, kesehatan, pemberdayaan wanita berjalan sebagaimana mestinya. 

"Tentunya peran PKK sangatlah besar dalam mendorong roda pemerintahan pekon di semua bidang, artinya hal itu dapat menjadi dasar kaum perempuan dalam peran untuk kemaslahatan," ungkapnya. 

Sementara dalam sambutan Camat Gedungsurian M.Agus, kepada ketua yang baru dilantik segera menyelesaikan apa yang menjadi kebutuhan dalam organisasi. Dimana beberapa hal pokok PKK seperti bidang kesehatan, yang adanya posyandu. 

Hal itu menjadi salah satu wadah dalam berperan membantu keinginan pemerintah dalam mencegah stunting, maupun mensukseskan program lainnya seperti yang baru ini Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Selain daripada itu Agus berharap PKK mampu menjalankan peningkatan pemberdayaan wanita, diantaranya menjadi inisiator tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Koperasi dan lainnya dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. 

Adapun Ketua PKK yang dilantik. Pekon Ciptawaras... Pekon Puramekar... Dan Pekon Mekarjaya

Sementara di Kecamatan Airhitam pelantikan di Balai Rakyat Pekon Semarangjaya, juga berlangsung khidmat dan meriah, dimana dalam prosesi itu dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Airhitam Nilawati Andy Chahyadi kepada. 

Pada sambutannya Nilawati mengucapkan, selamat bertugas kepada ketua TP-PKK empat pekon yang telah dilantik dengan pengukuhan itu program PKK kembali berjalan sebagaimana mestinya dengan mengedepankan komunikasi, melakukan sosialisasi.

"Saya harap dapat menjalankan tugas dengan amanah, sesuai dengan kegiatan yang diprogramkan Ketua TP-PKK Kabupaten dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten, kecamatan, dan masing-masing pekon," ajaknya

Melalui kolaborasi turun lapangan dan menghidupkan kembali Sepuluh program pokok PKK. "Terus jalin komunikasi yang baik diantara pengurus PKK baik tingkat kecamatan maupun tingkat pekon dan kelembagaan yang lain, sehingga dapat saling bahu membahu untuk mewujudkan pekon-pekon unggulan," imbuhnya. 

 

Nila berharap dengan adanya petunjuk dan teknis tersebut dapat digunakan sebagai panduan agar pengelolaan kelembagaan gerakan PKK dan administrasi PKK dapat berlangsung secara optimal dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: