Pemkab Diminta Teruskan Pembangunan Ruas Jalan Batuketulis-Belalau

Pemkab Diminta Teruskan Pembangunan Ruas Jalan Batuketulis-Belalau

Medialampung.co.id - Pembangunan jalan lingkar kecamatan yang menjadi akses penghubung Pekon Argomulyo Kecamatan Batuketulis dan Pekon Hujung Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat diharapkan agar dapat dilanjutkan. 

Aspirasi tersebut menjadi salah satu usulan prioritas yang disampaikan warga Pekon Argomulyo dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat pekon.

Peratin Pekon Argomulyo Harjan menuturkan, Pemkab Lambar memang terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar baik jalan maupun jembatan, termasuk di wilayah setempat yang kini telah dimanfaatkan masyarakat. Namun masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan salah satunya terkait peningkatan akses kecamatan Batuketulis-Belalau.

“Setidaknya ada sekitar empat kilometer yang belum ditingkatkan, sehingga untuk meningkatkan konektivitas antar kecamatan maka kami berharap ini dapat menjadi prioritas tahun ini atau pada kegiatan APBD tahun 2022 mendatang,” ungkap Harjan.   

Ia menjelaskan jalur tersebut merupakan akses utama yang sering dilalui masyarakat baik dalam menjalankan aktivitas bertani dan berkebun, juga sebagai jalur ekonomi untuk mengakses pasar dan mengeluarkan hasil bumi.

“Dengan peningkatan jalan ini selain akan memudahkan aktivitas petani juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang sesuai misi Bupati - Wakil Bupati yakni Pembangunan Merata dan berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. 

Selain jalur tersebut, pembangunan juga dapat dilakukan pada akses penghubung pekon argomulyo dengan Pekon Simpangsari Kecamatan Pagardewa sebagai jalan lingkar kabupaten.

“Untuk peningkatan jalur ini menjadi kewenangan pemerintah provinsi, karena jalan tersebut merupakan jalan lingkar kabupaten. Pembangunan jalan yang dibutuhkan sekitar dua kilometer termasuk akses jembatan. Alasan pentingnya pembangunan jalur ini karena akan mendukung kemudahan mobilitas warga yaitu mempersingkat jarak tempuh serta para pengguna jalan dapat terhindar dari medan jalan yang curam seperti yang selama ini dilalui,” jelasnya. 

Sehingga, pihaknya berharap peningkatan infrastruktur dasar terus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka mendukung pengembangan pembangunan terutama pada wilayah pedalaman.

“Intinya persoalan infrastruktur dasar ini masih belum terselesaikan, sehingga masih menjadi PR pemerintah, sehingga kami berharap aspirasi masyarakat ini mendapat perhatian, termasuk soal peningkatan sarana prasarana pada sektor pendidikan yaitu pembangunan pagar talud untuk SD dan SMP Pekon Argomulyo,” tandasnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: