Bawaslu Pesbar Akan Inventarisir Potensi Permasalahan

Bawaslu Pesbar Akan Inventarisir Potensi Permasalahan

Medialampung.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), segera melakukan inventarisir potensi permasalahan yang akan dihadapi pada Pemilu 2024.

Selain itu, juga akan menginventarisir wilayah Kecamatan dan Pekon yang dinilai rentan atau rawan saat Pemilu 2022 mendatang.

Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan, tahapan Pemilu 2024 telah mulai dilaksanakan. Untuk itu, Bawaslu Pesbar masih terus melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 itu. 

Salah satunya akan menginventarisir potensi permasalahan dan wilayah yang rentan dalam pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Untuk potensi permasalahan Pemilu, tentunya harus diinventarisir. Sehingga bisa diketahui permasalahan-permasalahan yang rentan terjadi saat pelaksanaan Pemilu 2024 itu,” katanya, Minggu (19/6).

Dijelaskannya, berkaca pada Pemilu sebelumnya, di Kabupaten Pesbar ada beberapa kecamatan yang dinilai rentan. Seperti di Kecamatan Bangkunat dan sebagainya. 

Sedangkan, untuk potensi permasalahan itu bisa terkait dengan validasi mata pilih, distribusi logistik dan politik uang. Begitu juga dengan kecamatan lain ada di beberapa titik Pekon yang masih dinilai rentan.

“Kemungkinan dalam Pemilu 2024 nanti masih rentan terjadi beberapa kecamatan di Pesbar ini yang berpotensi terjadi permasalahan. Meski begitu kita berharap bisa diminimalisir,” jelasnya.

Ditambahkannya, potensi permasalahan yang masih rentan terjadi seperti pada Pemilu sebelumnya itu salah satunya dipengaruhi karena beban kerja penyelenggara adhoc di tingkat bawah baik Kecamatan hingga pekon dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu cukup tinggi. Sehingga hal itu bisa memicu terjadinya potensi permasalahan. 

 

“Meski masih sering ditemukan ada permasalahan Pemilu, tapi itu tetap ditindaklanjuti oleh KPU dan Bawaslu Pesbar. Kita juga mengharapkan ada dukungan dari masyarakat dan peran serta stakeholder terkait dalam mendukung pengawasan Pemilu 2024 nanti,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: