Lapuk Termakan Usia, Jembatan Alternatif Antar Pekon Ambruk

Lapuk Termakan Usia, Jembatan Alternatif Antar Pekon Ambruk

--

Medialampung.co.id - Jembatan kayu sebagai akses alternatif penghubung antar Pekon tepatnya di Pemangku 5 Margodadi, Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat ambruk.

Ambruknya bagian atap jembatan tersebut karena sudah lapuk termakan usia. Selain atap, kini komponen jembatan seperti lantai maupun tiang penyangga juga sudah lapuk dan kini terancam ambruk.

Peratin Batukebayan Murtoyo mengatakan, Jembatan tersebut merupakan jalan alternatif penghubung antar tiga pekon yaitu pekon Batukebayan, Wayngison dan Pekon Waspada Kecamatan Sekincau.

“Kondisinya memang sudah lapuk, karena dibangun sekitar tahun 2012 lalu di waktu pekon baru mendapat alokasi dana pekon (ADP) dari pemerintah daerah. Semua materialnya menggunakan kayu,” ujarnya.

Menurutnya, meski sebagai jalur alternatif namun keberadaan jembatan tersebut menjadi sarana vital bagi masyarakat utamanya petani dalam menjalankan aktivitas bertani maupun berkebun termasuk mengangkut hasil produksi pertanian.

“Ya kalau dibilang penting tentu sangat penting karena menjadi akses utama bagi akses para petani, tapi nanti mau dibahas dulu untuk penanganannya, kalau tidak memungkinkan ditangani dari pekon maka akan kami upayakan usulan ke Pemkab Lambar,” ujarnya.  

Sementara itu, Rasimin (40) salah seorang warga berharap Pemkab Lambar dapat membantu perbaikan jembatan itu secara permanen, mengingat akses tersebut aktif digunakan oleh masyarakat setempat.

 

Dulu ini dibangun dari pekon, harapannya kali ini bisa dibangun secara permanen oleh pemerintah daerah, karena mungkin kalau hanya mengandalkan pekon anggaran terbatas dan persoalan pembangunan tidak hanya ini saja, jadi kita berharap peran pemkab lambar,” imbuh dia.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: