Warga Diimbau Waspada Penyakit DBD di Musim Penghujan

Warga Diimbau Waspada Penyakit DBD di Musim Penghujan

Medialampung.co.id – Selain dituntut untuk tetap waspada terhadap penyebaran wabah Covid-19, masyarakat juga diimbau waspada terhadap adanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) di tengah musim penghujan saat ini.

Sebagai langkah antisipasi, masyarakat diimbau untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan rumah dan sekitarnya sekaligus menerapkan 3M. Hal itu disampaikan kepala UPT Puskesmas Sukau Sardi, S.K.M.

“Selain PSN, kami juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam melakukan gerakan 3M, yakni menutup, menguras tempat penampungan air dan mengubur tempat penampungan air yang sudah tidak terpakai,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa perlu digencarkan kepada masyarakat pentingnya melakukan PSN dan 3M, karena upaya ini dinilai efektif untuk pencegahan DBD. 

“Masyarakat perlu lebih aktif melakukan pencegahan terhadap nyamuk pembawa virus DBD. Bisa dilakukan secara mandiri atau yang sudah kami lakukan dengan program melalui kader Jumantik yang sudah kami sebar ke setiap pekon,” kata dia.

Dikatakannya, program Jumantik telah dicanangkan guna mengantisipasi penyebaran virus DBD di setiap lingkungan masyarakat. Kader Jumantik yang datang secara door to door ke rumah warga guna memberikan penyuluhan dan panduan kepada masyarakat tentang gerakan 3M. 

“Kader ada di setiap rumah warga, guna memberikan penyuluhan 3M tanpa mengandalkan tenaga medis. Diajarkan kepada setiap anggota keluarga agar dapat mencegah berkembang biaknya nyamuk DBD,” imbuhnya. 

Gerakan 3M, lanjut dia, terus digencarkan kepada masyarakat agar tidak terpaku dengan pemberantasan nyamuk dengan cara pengasapan (fogging). Padahal menurutnya, fogging hanya dapat mematikan nyamuk dewasanya saja, sementara jentik nyamuknya belum dapat diantisipasi. 

“Selain 3M untuk pencegahan DBD, masyarakat juga ditekankan untuk terus menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan dalam rangka penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: