Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket, Kusnardi : Itu Pengaruh Cuaca dan Imbas Harga BBM Naik

Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket, Kusnardi : Itu Pengaruh Cuaca dan Imbas Harga BBM Naik

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Kusnardi--

Medialampung.co.id - Terkait dengan harga cabai dan bawang merah yang saat ini sedang meroket. Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Kusnardi mengatakan hal tersebut terjadi karena kondisi cuaca musim kemarau basah dan penurunan panen di sentra produksi. 

"Jadi pertama ini terjadi karena iklim nya masih basah dan bukan hanya di Lampung tetapi merata di seluruh bagian Indonesia," kata Kusnardi saat dimintai keterangan, Selasa (14/6).

Lanjutnya wilayah Lampung bukan merupakan wilayah pembuat harga seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi kalo disana harga naik akibat kelangkaan dan sebagainya. 

"Jadi Lampung bukan tempat pembentukan harga cabai dan bawang melainkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lampung juga terimbas ikut naik juga walaupun produksi kita tetap namun mereka mengambil barang juga dari sini. Otomatis harga disini ikut," terangnya. 

Lanjutnya, harga Bahan bakar minyak (BBM) Internasional saat ini naik itu juga mempengaruhi kenaikan harga cabai dan bawang merah. 

 

"Pengaruh harga BBM internasional naik seperti pupuk yang di impor dari luar itu akan naik juga. Sehingga ini berpengaruh juga dengan petani memberikan harga tanaman nya," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: