Parosil Tanggapi Pesatnya Perkembangan Produksi Tanaman Pisang di Lambar

Parosil Tanggapi Pesatnya Perkembangan Produksi Tanaman Pisang di Lambar

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus bersama Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., menerima kedatangan pelaku usaha budidaya pisang asal Kecamatan Gedungsurian.

Mereka sengaja ke kediaman bupati di Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, dalam rangka menunjukkan hasil produksi pisang berikut contoh bibit pisang yang dikembangkan dan menjadi salah satu penghasilan petani yang cukup menjanjikan saat ini. 

Parosil yang akrab disapa Pakcik itu terperangah saat melihat contoh buah pisang jenis Ambon yang berbeda dengan pisang yang sering dikonsumsi dan dihidangkan selama ini.

"Saya melihat pisang ambonnya sangat luar biasa jumbo, apa kandungannya sama dengan yang lain?" tanya Pakcik.

Pada kesempatan itu Pakcik menyampaikan beberapa pertanyaan, seperti bibit pisang yang menjadi unggulan hingga seperti apa penjualannya. Serta khusus untuk usaha pembibitan yang digerakkan peratin Pekon Gedungsurian Boimin, seberapa banyak masyarakat yang mampu diberdayakan dalam usaha pembibitan tersebut.

"Selain pisang Ambon ini, apa ada jenis lain yang bagus. Dan berapa banyak warga yang telah diberdayakan," ungkapnya. 

Menanggapi pertanyaan tersebut, Boimin memaparkan, selain pisang Ambon, pisang jenis Cavendish William MB yang menjadi unggulan. Dimana memiliki kualitas dan bobot yang lebih besar. 

Bahkan untuk penjualan bibit, sudah sampai Provinsi Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan, Ponorogo, Jember, Bogor hingga Bali.

Begitu juga karyawan yang diberdayakan, pihaknya telah merekrut warga dari 60 Kepala Keluarga (KK) dari pekon itu dan pekon tetangga.

"Warga juga sudah mengembangkan makanan pisang dalam kemasan yakni Sale," tandasnya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: