Parosil Minta Tingkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak 

Parosil Minta Tingkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak 

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Barat Hi Parosil Mabsus bersama Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin meresmikan gedung pos pelayanan terpadu (Posyandu) Waykuol Dusun Waykuwol, Pekon Kegeringan, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (27/10).

Kegiatan itu turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama beserta sejumlah kepala perangkat daerah, Site Manager PT. Tiga Oregon Putra Cahyono Kusumo Aji dan jajaran, Camat Batubrak Mat Suhyar, S.Ip, unsur tenaga kesehatan Puskesmas Peratin serta jajaran aparatur pekon.

Diketahui, Gedung tersebut dibangun oleh PT. Tiga Oregon Putra (TOP) yang beroperasi dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) di Dusun Tabak, Pekon Balak dan Dusun Waykuwol, Pekon Kegeringan, Kecamatan Batubrak.

Parosil Mabsus menyampaikan terimakasih atas sumbangsih yang diberikan PT. TOP melalui pembangunan gedung posyandu yang selama ini dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan khususnya pada pelayanan posyandu.

“Ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas perhatian PT. Tiga Oregon Putra yang telah memberikan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Gedung ini cukup bagus, suasananya juga asyik, saya titip dan berharap kepada Kepala Puskesmas dan petugas kesehatan yang ada di Batubrak, jangan cuma gedungnya saja yang bagus tapi pelayanannya juga harus bagus,” pesannya.

Disisi lain, terusnya, keberadaan fasilitas kesehatan ini juga diharapkan dapat menekan angka kematian ibu hamil, stunting hingga gizi buruk. Menurut dia, keberhasilan posyandu dalam melaksanakan tugasnya akan berpengaruh besar terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) di pekon ituk utamanya dalam kesehatan anak.

“Untuk itu diharapkan agra peran puskesmas dapat terus mendorong posyandu mampu menjadi tempat pusat kegiatan belajar mengenai kesehatan masyarakat, sehingga bukan hanya sekedar pelayanan kesehatan saja,” kata dia.

Ia menambahkan, dalam posyandu juga diharapkan tersedianya sistem informasi kesehatan bagi masyarakat sehingga berbagai program kesehatan bisa disampaikan melalui posyandu sehingga derajat kesehatan masyarakat bisa dimulai dari kehadiran posyandu.

“Kemudian yang tak kalah penting masyarakat juga harus aktif dalam pelayanan posyandu sebagai media informasi tentang pelayanan kesehatan. Fasilitas di posyandu ini sudah lengkap, masyarakat tugasnya hanya menjaga dan memanfaatkannya,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: