Ubah Mindset, Parosil Ingatkan Tak Hanya Orang Sakit yang Datang ke Puskesmas 

Ubah Mindset, Parosil Ingatkan Tak Hanya Orang Sakit yang Datang ke Puskesmas 

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus meminta kepada seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran Puskesmas di Kabupaten Lampung Barat untuk bersama-sama mengubah mindset bahwa tidak hanya orang sakit yang datang puskesmas, akan tetapi juga orang sehat untuk mendapat informasi dan edukasi tentang upaya pencegahan dan pentingnya menjaga kesehatan.

Hal demikian disampaikan Parosil Mabsus saat membuka kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Balikbukit yang dipusatkan lapangan halaman balai Pekon Padangcahya, Rabu (9/2).

Parosil menyebut, harus ada upaya bersama untuk mengubah mindset bahwa Puskesmas tidak hanya dikunjungi oleh orang sakit, tapi juga orang sehat untuk mendapat seputar informasi kesehatan sebagai langkah pencegahan.

“Seluruh SDM Puskesmas harus bisa mengubah mindset itu, Artinya orang yang datang ke fasilitas kesehatan tidak hanya orang sakit tapi juga orang sehat untuk mendapatkan penyuluhan tentang pencegahan terjadinya masalah kesehatan. Hal itu harus dilakukan oleh seluruh Puskesmas,” kata Parosil.

Dengan demikian, terusnya, seluruh Puskesmas kini harus siap melayani orang sehat untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan mulai dari cek kesehatan, konsultasi, atau beberapa pelayanan lainnya 

“Karena di tengah gencarnya upaya pemkab lambar untuk meningkatkan berbagai fasilitas kesehatan juga harus di imbangi dengan pelayanan prima untuk masyarakat,” pintanya.

Karena, baginya dengan terpenuhinya fasilitas kesehatan yang memadai, maka masyarakat Lambar akan sehat yang tentunya akan bermuara pada masyarakat yang sejahtera. Karena itu, pihaknya juga mengharapkan dukungan dan peran serta  masyarakat dalam pembangunan, minimal sama-sama menjaga dan merawat hasil pembangunan yang telah dilakukan.

“Selain pemenuhan fasilitas kesehatan, masalah SDM tenaga kesehatan juga terus kita tingkatkan, termasuk juga keberadaan Ambulance Hebat yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, karena tujuannya yakni untuk menjangkau masyarakat yang jarak tempuh menuju pusat kesehatan jauh,”  pungkasnya. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: