Dukung Program ZoSS, Dishub Lambar akan Pasang Rambu-Rambu Lalu Lintas 

Dukung Program ZoSS, Dishub Lambar akan Pasang Rambu-Rambu Lalu Lintas 

Medialampung.co.id - Dalam rangka mendukung program Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di Kabupaten Lambar, Pemkab Lambar melalui Dinas Perhubungan tahun ini akan melakukan pemasangan komponen rambu-rambu ZoSS, rambu-rambu lalu lintas cermin tikung serta pembuatan marka jalan di depan MTs Negeri 1 Lambar Pekon Gunung Sugih Kecamatan Balikbukit.

“Di lokasi tersebut kan sering ramai dan macet terutama ketika anak-anak pulang sekolah sehingga untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pejabalan kaki (khusus siswa sekolah) dalam menyebrangi jalan maka akan kita pasang rambu-rambu jalan,” kata Plt. Kepala Dinas Perhubungan Lambar Drs. Junaidi Jamsari, M.M, Senin (14/2).

Dikatakannya, awalnya pihaknya mengusulkan kepada pemkab untuk pemasangan komponen rambu-rambu ZoSS di tiga lokasi yaitu di Kecamatan Belalau dan Kecamatan Sekincau serta Kecamatan Balikbukit, namun karena keterbatasan anggaran sehingga tahun ini baru direalisasikan di Kecamatan Balikbukit. 

“Ada tiga lokasi yang kita usulkan namun untuk sementara ini hanya satu yang disetujui untuk dianggarkan tahun ini,” kata dia 

Lebih jauh dia mengatakan, Zona Selamat Sekolah (ZoSS) adalah suatu zona yang memberikan kesempatan bagi para pengguna lalu lintas atau pengemudi untuk mengurangi kecepatan kendaraan di area sekolah pada jam-jam sekolah. 

ZoSS dimaksudkan agar kendaraan yang berada di ZoSS harus mempunyai kecepatan rendah untuk memberikan waktu reaksi yang lebih lama untuk mengantisipasi gerakan anak sekolah yang bersifat spontan dan tak terduga yang beresiko menimbulkan kecelakaan. 

“Dengan adanya pemasangan rambu-rambu lalu lintas ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi anak anak sekolah serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: