Musrenbang Kabupaten Pesawaran, RKPD Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Musrenbang Kabupaten Pesawaran, RKPD Harus Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Medialampung.co.id - Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2023 diharapkan benar-benar mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan, bukan hanya sekedar rutinitas proses perencanaan tahunan.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Lampung Intizam saat membacakan sambutan tertulis Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat Musrenbang RKPD 2023 di aula pemda Pesawaran, Kamis (24/3).

"Tujuan dan sasaran pembangunan antara Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat harus sejalan. Agregasi capaian pembangunan kabupaten dan kota, akan menentukan capaian pembangunan provinsi. Begitu juga capaian pembangunan nasional, merupakan akumulasi kinerja pembangunan seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Karena itu, koordinasi dan sinergi antar-jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan," ungkapnya.

Selain itu, kolaborasi pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan pembangunan, komunitas masyarakat, pelaku bisnis, akademisi, pers, dan unsur masyarakat lainnya, harus terus dikembangkan bersama.

"Melalui forum ini saya berpesan agar dalam penyusunan RKPD tahun 2023 benar-benar memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi. Sehingga dapat memformulasikan program yang tepat dan memberikan daya ungkit yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Pesawaran serta mampu menjadi penopang laju pembangunan bagi Provinsi Lampung," ucapnya.

Pemerintah Provinsi Lampung, lanjut Intizam, berupaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Dimana pada 2022 ini akan dibangun 4 jembatan yang berada di Kecamatan Gedongtataan, Way Lima, Kedondong dan Teluk Pandan. 

Kemudian peningkatan jalan di Kecamatan Negeri Katon, Punduh Pidada, Way Lima dan Padang Cermin dengan alokasi dana keseluruhan Rp22,5 Miliar.

"Untuk penyusunan rencana pembangunan ke depan dalam forum Musrenbang ini tentunya akan dibahas penajaman dan penyelarasan program program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan," tandasnya.(ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: