Bagikan BLT-DD, Mat Amin Ajak Semua Lapisan Bersinergi Membangun Pekon

Bagikan BLT-DD, Mat Amin Ajak Semua Lapisan Bersinergi Membangun Pekon

--

Medialampung.co.id – Perdana jalankan program kerja pemerintah pekon di tahun 2022, Peratin Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat, Mat Amin memimpin pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk tiga tahap yakni Januari, Februari dan Maret kepada 77 keluarga penerima manfaat (KPM) di balai Pekon setempat, Senin (13/6).

Untuk diketahui, penyaluran BLT-DD ini merupakan realisasi Peraturan Presiden No.104/2021 dan Peraturan Menteri Desa PDTT No.7/2021, yang mengatur alokasi penggunaan Dana Desa (DD) pada Tahun 2022. Dimana porsi penggunaan Dana Desa disebutkan sedikitnya 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai.

Mat Amin pun berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan, khususnya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.  

“BLT-DD yang kita serahkan ini untuk tiga bulan atau Januari, Februari dan Maret 2022, dimana perbulan masing-masing menerima Rp 300 ribu, jadi untuk tiga bulan setiap KPM menerima Rp 900 ribu,”ujarnya.  

Untuk para KPM tersebut, lanjutnya, terdiri dari berbagai kategori yakni keluarga miskin, penyandang Disabilitas, penderita penyakit menahun serta para warga lanjut usia (lansia).

“Disisi lain, dalam upaya mensukseskan program kerja enam tahun kedepan saya berharap dukungan dari semua lapisan masyarakat, karena tanpa dukungan dan kerja keras kita bersama mustahil kita bisa memajukan pekon ini. Saat ini kompetisi sudah usai, lupakan perbedan ayo kita sama-sama membangun pekon,” imbuh dia.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Batubrak Lisbahawan bahwa penyaluran BLT-DD telah sesuai dengan amanat Perpres No.104/2021 bahwa fokus dana desa tahun 2022 salah satunya dioptimalkan untuk penyaluran BLT-DD dengan persentase yaitu 40 persen untuk BLT-DD, 20 persen ketahanan pangan dan hewani serta 8 persen untuk penanggulangan Covid-19.

“Artinya penyaluran BLT-DD  tahun anggaran 2022 ini sebagai bentuk komitmen pemerintah pekon dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat di tengah dampak wabah Covid-19 yang kini masih dirasakan. Untuk itu kita berharap kepada masyarakat agar terus memberikan dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya menanggulangi wabah Covid-19 salah satunya dengan mensukseskan program vaksinasi Covid-19,” pesannya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: