Disdikbud Sosialisasikan Juknis Penyelenggaraan GSMS

Disdikbud Sosialisasikan Juknis Penyelenggaraan GSMS

Medialampung.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat melalui Bidang Kebudayaan mensosialisasikan petunjuk teknis (Juknis) penyelenggaraan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2021 kepada Kepala Sekolah SD dan SMP beserta seniman di Rumah Makan Sabah Bekhak Kecamatan Balikbukit, Rabu (19/5).

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan silaturahmi ini akan menyamakan persepsi, harapan dan visi untuk mensukseskan kegiatan GSMS tahun 2021,” ungkap Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, Rabu (19/5)

Dijelaskannya, program GSMS ini merupakan program Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya.

Selain itu juga untuk menjalin kerjasama yang bersinergi antara sekolah dengan para seniman, kemudian untuk menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan karakter, yang pada gilirannya akan membentuk dan membangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif bagi anak didik. 

“Tujuan lainnya yaitu meningkatkan ekosistem sekolah yang berbudaya dan melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan) nilai budaya dan objek pemajuan kebudayaan,” kata dia. 

Menurut dia, pada tahun 2021 ini, ada sebanyak 800 seniman yang akan disebar di 40 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia. “Ada 30 orang akan ditempatkan di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA),” kata dia. 

Adapun sebanyak 30 sekolah yang akan terlibat program GSMS yaitu SDN Way Ngison (Batu Ketulis), SDN 2 Bakhu (Batu Ketulis), SDN Kubu Liku Jaya (Batu Ketulis), SDN 1 Cipta Mulya (Kebun Tebu), SDN Canggu (Batu Brak), SDN Kegeringan (Batu Brak), SDN 1 Gunung Terang ( Air Hitam), SDN Semarang Jaya (Air Hitam), SDN 3 Padang Cahya (Balik Bukit), SDN 1 Gunung Sugih (Balik Bukit), SDN 1 Padang Cahya (Balik Bukit), SDN Sedampah Indah (Balik Bukit), SDN 1 Sukarami (Balik Bukit), SDN 1 Karang Agung (Way Tenong), SDN 2 Fajar Bulan (Way Tenong), SDN 1 Pampangan (Sekincau), SDN 2 Sukapura (Sumber Jaya) serta SDN 1 Sindang Pagar (Sumber Jaya). 

Kemudian, SMPN 1 Way Tenong, SMPN 1 Sekincau, SMPN 2 Sekincau,. SMPN 3 Liwa, SMPN 1 Batu Ketulis, SMPN 3 Bandar Negeri Suoh dan SMPN 1 Bandar Negeri Suoh. Kemudian, untuk tingkat SMA/SMK yaitu SMAN 1 Sumberjaya, SMAN 1 Waytenong, SMAN 1 Liwa, SMAN 2 Liwa dan SMKN 1 Liwa. 

Lanjut Riadi, program GSMS tahun ini akan dilaksanakan bulan Juni hingga September 2021 dengan jumlah pertemuan sebanyak 16 kali. “Pada akhir proses pembelajaran, kita (Disdikbud) bekerjasama dengan seniman akan melaksanakan pertunjukan untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar pada bulan September mendatang,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: