Deklarasi Damai, 25 Calon Peratin Tandatangani Pakta Integritas 

Deklarasi Damai, 25 Calon Peratin Tandatangani Pakta Integritas 

Medialampung.co.id – Sebanyak 25 calon peratin dari tujuh pekon di Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat melakukan penandatangan pakta integritas sebagai bentuk kesiapan untuk mewujudkan pemilihan peratin (pilratin) tahun 2022 yang aman dan damai.

Kegiatan yang dikemas dalam deklarasi pilratin damai yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan setempat pada Rabu (15/12) dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan kecamatan (uspika).

Usai deklarasi, Camat Batubrak Mat Suhyar mengatakan bahwa seluruh calon telah menandatangani pakta integritas yang berarti telah berjanji dan bersumpah untuk mematuhi seluruh aturan yang telah dibuat yaitu lima poin. Pertama, taat pada aturan dan tahapan pemilihan peratin serentak tahun 2022. Kedua, turut bertanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban. 

“Selanjutnya Ketiga, jujur, adil, demokratis, dan tidak akan money politic. Keempat, tidak melakukan diskriminasi atas suku, agama, dan jenis kelamin dan Kelima harus santun, sportif dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Selain wajib mematuhi lima aturan tersebut, pihaknya juga mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu poin tambahan harus diutamakan oleh pihak panitia di tingkat pekon maupun calon di masing-masing pekon.

”Karena pada prinsipnya kita tidak ingin pelaksanaan Pilratin ini menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 dan dengan adanya deklarasi damai ini nanti kita berharap agar semua tahapan berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Disisi lain, Wakapolsek Sekincau Iptu Edward Panjaitan mewakili Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto yang hadir dalam kegiatan itu mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk selalu menjaga ketertiban dan kondusifitas wilayah agar seluruh tahapan pelaksanaan pilratin berjalan aman dan lancar.

“Diharapkan ini menjadi pedoman untuk kita semua agar terciptanya situasi yang aman dan sejuk di wilayah Kecamatan Batubrak. Selain itu Kami harap semuanya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan wabah Covid-19,” pesannya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: