Cegah Covid-19, PKBI-KKI Cek Suhu Tubuh dan Bagikan Masker

Cegah Covid-19, PKBI-KKI Cek Suhu Tubuh dan Bagikan Masker

Medialampung.co.id - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat bekerjasama dengan Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Lampung Barat turut berpartisipasi membantu pencegahan Corona Virus Deases tahun 2019 (Covid-19).

Sekretaris Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Cabang Lampung Barat Drs. Sardarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lampung Barat Partinia, S.Pd  M.M mengatakan, kegiatan yang dilakukan dua organisasi di Pasar Liwa tepatnya di depan Apotik Adzka tersebut berupa pengecekan suhu tubuh dan pembagian masker. Pengecekan suhu tubuh ini menggunakan alat Termometer tembak atau Gun Thermometer. Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Pasar Liwa, Eva Oktarina, S.Pd  MM.

"Ada 87 orang pengunjung pasar yang secara sukarela mau di cek suhu tubuhnya kesemuanya dalam kondisi tubuhnya normal. Setelah pengecekan kami berikan yang bersangkutan masing-masing sebuah masker,” ujar Sandarsyah, kemarin.

Kegiatan pengecekan suhu tubuh tersebut, kata dia, akan berlanjut pada hari-hari berikutnya dengan lokasi pasar yang berbeda. Untuk Jum’at (24/4), pihaknya masih berada di Pasar Liwa. "Pengecekan suhu tubuh pribadi sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh. Pada suhu tubuh seseorang  normal berarti menunjukkan pada kondisi yang sehat. Sedangkan pada suhu yang tidak normal yaitu suhu tubuh diatas 38 C menunjukan seseorang yang dalam kondisi yang tidak sehat. Jika kami temukan kondisi yang demikian, tentu yang bersangkutan kami sarankan untuk memeriksakan diri kepada petugas kesehatan,” akunya.

Lanjut dia,  masker sangat bermanfaat untuk mencegah seseorang agar tidak terjadi infeksi Covid-19. Pemakaian masker diwajibkan bagi masyarakat, jika berada di luar rumah selama masa pandemi Corona ini. Penggunaan masker sangat perlu dilakukan mengingat penyebaran virus melalui tiga pintu masuk  yaitu hidung, mulut dan mata yang terbawa oleh jari manusia. Masker kain harus selalu diganti dan dicuci secara rutin, artinya masing-masing kita harus memiliki beberapa masker di rumah. Sedangkan pemakaian masker yang baik jika dipakai mulai dari hidung hingga menutup dagu. “Walaupun masyarakat sudah menggunakan masker, tentu tetap melakukan jaga jarak (Social Distancing). Dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya di rumah saja,” imbuhnya.

Pada sisi pencegahan yang lain, kata dia, adalah selalu menyantap makanan yang bergizi dan seimbang, cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air yang mengalir, dan istirahat yang cukup serta rutin berolahraga. Lalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, tidak stress dan cemas, serta selalu berdo’a kepada yang maha kuasa.  "Kita berharap dengan kegiatan pengecekan suhu tubuh dan pembagian masker oleh kedua organisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk melindungi diri dan keluarganya agar tidak terpapar virus corona,” pungkas Sandarsyah. (lusi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: