Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Kepada Poktan Kopi, Lada dan Kakao

Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Kepada Poktan Kopi, Lada dan Kakao

Medialampung.co.id - Petani Kopi, Lada dan Kakao di Kabupaten Tanggamus mendapat bantuan mesin potong rumput, rehabilitasi tanaman lada dan Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kopi dan Kakao.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani kepada kelompok tani (Poktan) penerima, Selasa (4/8) di Aula Pertemuan terbuka Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani berharap bantuan ini dapat menjadi angin segar bagi  petani di dalam pengembangan tanaman kopi dan lada di Kabupaten Tanggamus. Sehingga geliat kopi dan lada tetap berjaya di Bumi Begawi Jejama dan Provinsi Lampung, serta dapat kembali memberi kontribusi sebagai kabupaten penghasil kopi dan lada.

"Dengan adanya bantuan ini harapannya petani kita lebih baik lagi, lebih sejahtera lagi dan kami akan tetap berupaya agar bantuan dari pusat tetap mengalir ke Kabupaten Tanggamus," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati yang akrab disapa Bunda Dewi ini juga berpesan kepada Poktan yang mendapat bantuan untuk merawat dan memanfaatkan bantuan dengan baik.

"Bantuan ini harus ada tindak lanjutnya,dirawat dan dijaga sebaik mungkin sehingga produksi menjadi baik. Gunakan alat untuk kelompok bukan perorangan sehingga manfaatnya harus dirasakan orang banyak," pesan Bunda.

Sementara, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus, Catur Agus Dewanto mengatakan bantuan yang diberikan berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI Tahun Anggaran 2020.

Adapun bantuan berupa peremajaan tanaman kopi seluas 300 Ha untuk 30 Kelompok tani dengan rincian: bibit kopi : 300.000 batang, pupuk organik 60.000 Kg, mesin pemotong rumput 50 unit.

"Lalu untuk rehabilitasi tanaman lada seluas 150 Ha untuk 14 kelompok tani dengan rincian bibit lada 120.000 batang, pupuk organik  30.000 Kg dan unit pengolahan hasil (UPH)  Kopi Bubuk dan bubuk coklat," terang Catur.(ehl/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: