Bupati Tanggamus Launching BST/BLT

Bupati Tanggamus Launching BST/BLT

Medialampung.co.id - Setelah cukup lama menanti masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Tanggamus yang terdampak Covid 19 akhirnya menerima bantuan langsung tunai (BLT)  atau Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. 

Launching BST/BLT ini dipusatkan di GSG Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Senin (11/5).Dalam launching tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti sebelum masuk di cek suhu tubuh,  jaga jarak, wajib pakai masker dan hand sanitizer. Turut hadir Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Wabup Hi AM Syafii, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kajari David P Duarsa dan Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto. 

Kepala Kantor Pos Bandar Lampung, Yessi Agustianti, S. E, M. M mengatakan bahwa pada saat launching ini baru untuk tiga pekon di Kecamatan Gisting dengan total 306 penerima,dengan rincian Pekon Gisting Bawah 149 penerima, Gisting Atas 95 dan Gisting Permai 62 penerima. "Setelah launching ini baru besoknya serentak dilakukan di semua kecamatan yang memiliki kantor pos," ujar Yessi. 

Dilanjutkan Yessi, teknis pembagian BST yakni calon penerima mendapat undangan dari pihak kantor pos. Undangan tersebut nantinya dibawa bersama dengan kartu keluarga (KK) asli. 

"Tidak bisa berwakil, harus si penerima yang ada di KK yang datang (ibu atau bapak). Kalaupun bapak/ibu nya meninggal bisa diwakili oleh anak atau anggota keluarga lain namun anak tersebut harus juga tercantum dalam KK tersebut, "ujar Yessi. 

Sementara Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengatakan bahwa, BST/BLT ini diberikan selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni. Setiap bulan penerima mendapat Rp600 ribu." Pencairan sekarang untuk bulan April, kalau untuk Mei dicairkan setelah lebaran, "ujar bupati. 

Dilanjutkan bupati bahwa jumlah penerima BST di Tanggamus yang sudah terverifikasi sebanyak 34.721 orang namun Kemensos memberikan kuota sebanyak 32.008 orang." Untuk sisanya sekitar 2000 an lagi itu yang sedang kami perjuangkan agar dapat pokoknya kami kejar terus verifikasinya, "kata Dewi. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan pusat yang telah menggelontorkan bantuan ditengah Pandemi Corona. Menurut dia, bantuan ini sangat membantu masyarakat pra sejahtera. 

" Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak, aparat TNI/Polri, operator, relawan, jajaran kecamatan, pekon yang sudah berjuang untuk menyalurkan bantuan. Dan kepada bapak ibu penerima semoga bantuan ini dapat meringankan beban ditengah situasi sulit akibat Covid 19 ini, pergunakan sesuai kebutuhan, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, "pungkas Dewi. (rnn/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: