Bupati Tanggamus Kunjungi Sejumlah Pekon Terdampak Banjir di Kelumbayan 

Bupati Tanggamus Kunjungi Sejumlah Pekon Terdampak Banjir di Kelumbayan 

Medialampung.co.id - Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengunjungi sejumlah pekon di Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor. 

Kedatangan Dewi Handajani pada Jumat (17/12) sore itu didampingi Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus, Ediyan M. Toha, Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Zulfadli, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Catur Agus Dewanto dan Camat Kelumbayan Noval Syahri.

Dalam tinjauannya bunda Dewi melihat sungai yang sempat meluap sehingga menyebabkan banjir di Pekon Napal, Pekon Unggak dan Peyandingan. Lalu Dewi juga meninjau Pekon Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat yang diterjang longsor. 

Lalu bunda Dewi meninjau dapur umum di Kantor Kecamatan Kelumbayan, lahan pertanian. Bupati juga dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan bahan pokok kepada warga dan juga bantuan langsung ke dapur umum.

Menurutnya, langkah cepat sudah dilakukan Pemkab Tanggamus dalam menangani musibah banjir dan tanah longsor yang menerjang Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

"Beberapa langkah akan kami ambil dalam waktu dekat salah satunya adalah menginventarisir area pertanian. Berapa luas sawah yang terdampak dan program apa yang akan dilakukan seperti pembagian bibit atau lainnya," kata Dewi.

Dilanjutkan bupati, agar kejadian banjir tidak terulang, Pemkab Tanggamus akan berkoordinasi dengan Pemprov Lampung agar sungai-sungai yang ada di Kecamatan Kelumbayan di Bronjong.

"Kita usulkan untuk pembangunan Bronjong ke provinsi.Mudah-mudahan bisa terakomodir usulan tersebut," ucapnya.

Dewi juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di bantaran sungai untuk berpindah ketempat yang lebih aman.

"Bantaran sungai itu sebetulnya bukan untuk pemukiman, maka dari itu berpindahlah ke tempat lebih aman, dan selalu waspada sebab sekarang masuk musim penghujan," tutupnya.(ehl/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: