Bunda Eva Hadiri Penanaman Pohon di Area Embung Unila

Bunda Eva Hadiri Penanaman Pohon di Area Embung Unila

Medialampung.co.id - Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menghadiri penanaman 1.500 bibit pohon di area Embung Universitas Lampung (Unila) dalam rangka penghijauan di Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung Idi Bantara, Rektor Unila Prof Karomani beserta para wakil rektor, kepala biro, kepala badan, dekan dan jajaran.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila, Prof. Asep Sukohar yang juga penanggungjawab kegiatan, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Bandarlampung yang telah banyak membantu Unila, diantaranya pembangunan gedung Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Unila, gedung baru Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum Unila.

“Lalu kerjasama lain dalam rangka menangani pasien Covid-19, pada Juli dan Agustus ada sekitar 40 pasien yang dirawat di RSPTN, Alhamdulillah sangat berguna dalam menangani pasien Covid-19,” ucap dia 

Sementara, dalam kegiatan Greenmetric, Unila telah membuat berbagai kebijakan dan program, diantaranya zero plastik, transportasi dalam kampus dengan terminal terpadu, pengelolaan sampah terpadu dan air baku, taman arboretum, tim sweeper kebersihan, serta website webometric di seluruh unit yang dipantau melalui rektorat Unila.

“Kami sangat berterimakasih pada hari ini ada 1.500 bibit dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung, ada bibit pohon ketapang kencana, ketapang laut, akasia, salam, jengkol, pala, dan jambu,” terang dia 

Dia mengatakan, kegiatan penghijauan yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-56 Unila ini digagas oleh SDGs Centre Unila bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Kehutanan FP Unila (Himasylva).

Di tempat yang sama, Eva Dwiana mengimbau seluruh warga kampus dan warga kota Bandarlampung untuk bersama-sama menjaga pohon-pohon yang telah ditanam.

“Tanaman pohon ini harus kita jaga bersama, kenapa? Karena Bandarlampung padat penduduk, kalau tidak ada daerah resapan air, lagi musim hujan sekarang ini, ya banjir lagi,” ujar walikota yang akrab disapa Bunda Eva tersebut kepada Medialampung.co.id, Senin (27/9).

Ia menambahkan, Pemkot Bandarlampung juga akan melakukan berbagai upaya dalam menangani banjir di kota Bandarlampung, diantaranya memperbaiki drainase dan beberapa gedung di Bandarlampung.

Sementara, Rektor Unila Prof. Karomani menyatakan, penghijauan ruang terbuka hijau Unila bertujuan meningkatkan kualitas udara, kesejukan, dan kenyamanan di kampus. Dia juga ia berupaya menampilkan dan mengangkat keindahan ruang hijau Unila dalam berbagai program kerja.

“Sekarang kalender harus memotret ruang hijau Unila, bukan gedung-gedung lagi. Di Unila sudah banyak pohon yang puluhan tahun usianya, itu simbol bahwa kita punya komitmen tinggi terhadap penghijauan,” tuturnya.

Prof. Karomani secara resmi membuka kegiatan penanaman 1.500 bibit pohon di area Embung Unila. Dilanjutkan, secara simbolis Walikota Eva Dwiana dan Rektor Karomani menanam masing-masing satu bibit pohon, diikuti para wakil rektor, kepala biro, kepala badan, para dekan, dosen dan mahasiswa.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: