BPJN Diminta Serius Tangani Banjir di Jalan Nasional  

BPJN Diminta Serius Tangani Banjir di Jalan Nasional  

Medialampung.co.id - Sejumlah masyarakat dan pemerintah Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mempertanyakan keseriusan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung terkait penanganan banjir di ruas jalan nasional di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Peratin Kembahang Donal Hentrisa, M.Kes, mengingat untuk kesekian kalinya jalur tersebut terendam banjir namun hingga kini belum ada perhatian dari pihak terkait.

“Selama ini masyarakat hanya bisa bergotong royong, tapi dengan segala keterbatasan maka belum bisa menjadi solusi dan sore ini hanya diguyur hujan beberapa saat seluruh badan jalan sudah tergenang banjir,” ungkap Donal. 

Menurutnya seperti yang disampaikan sebelumnya, solusi penanganan banjir itu diperlukan upaya khusus yakni dengan membangun saluran drainase pada bagian sisi kiri dan kanan jalan sepanjang sekitar 100 meter.

“Kalau dari versi kami dan masyarakat, solusinya harus membangun drainase 50 meter kiri dan 50 meter kanan jalan, ditambah pembangunan gorong-gorong dan saluran pembuangan. Mengenai lahan pembuangan sudah kami siapkan,” ujarnya. 

Meski begitu, terkait teknis kegiatan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada BPJN, dan untuk tahap awal diharapkan agar lebih dulu dilakukan survei. 

“Itukan teknis dari masyarakat, tapi semuanya bergantung pada pihak BPJN, ya harapannya mereka bisa survei untuk melihat kondisi real di lapangan,” harapnya.

Terpisah salah satu pihak pelaksana di BPJN Lampung, Rusmadi Gani memastikan penanganan banjir pada ruas jalan itu akan menjadi prioritas pada tahun 2022 mendatang.

“kami pastikan tahun depan, antara bulan Januari-Februari. Ditanya soal keseriusan buktinya tahun ini kami sudah menangani lima titik banjir jalan nasional di lambar, sehingga kami harap masyarakat dapat bersabar,” singkat dia.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: