Bangkitkan Ekonomi UMKM, Transaksi Penjualan Produk UMKM Tapis Unggulan Rp620.810.000

Bangkitkan Ekonomi UMKM, Transaksi Penjualan Produk UMKM Tapis Unggulan Rp620.810.000

Medialampung.co.id - Gubernur Lampung di wakili Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung menutup kegiatan Kemilau Tapis Lampung yang diselenggarakan selama tiga hari yakni pada 24 sampai 26 November di Hotel Sheraton Lampung, Jumat (26/11).

Dalam Sambutannya ia mengatakan masing-masing Produk unggulan Tapis dari Kabupaten/Kota saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat menggembirakan baik dari segi kualitas, bentuk fisik juga motifnya.

"Oleh karena itu maka kondisi ini sangat disambut baik oleh pasar ini dapat terbukti dari banyaknya orang menggunakan motif tapis dan juga menjadi simbol dari kebudayaan Lampung," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan terimakasih kepada jajaran Dekranasda Provinsi Lampung, Dekranasda Kabupaten/Kota juga Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM atas partisipasi dalam mensukseskan Kemilau Tapis Lampung.

"Produk kerajinan Kain Tapis harus terus kita dorong menjadi komuditas unggulan di Provinsi Lampung,"

Lanjutnya, Meskipun sudah mengalami perkembangan cukup baik akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM pelaku Kerajinan tapis mulai dari keterbatasan pengelolaan usaha, permodalan, keterbatasan teknologi yang digunakan dan juga desain-desain yang perlu dikembangkan.

"Ini semua harus kita lakukan secara terus menerus untuk lebih berhasil Budayakan Tapis Lampung. Bukan hanya di masyarakat Lampung tapi nasional bahkan internasional," harapnya.

Sementara Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan melalui ajanh pameran Tapis Lampung berharap akan mendorong pengrajin yang handal dan produk UMKM khususnya kain tapis berkualitas tidak kalah dengan produk lainnya di Indonesia bahkan mancanegara.

"Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat membangkitkan perekonomian pengrajin-pengrajin yang ada di Provinsi Lampung," katanya.

Lanjutnya, Beberapa hari yang lalu Gubernur Lampung telah membuat surat edaran bahwasanya pakayan dinas ASN Pemprov Lampung mewajibkan menggunakan pakayan dinas pada hari kamis putih hitam.

"Dalam rangka turut mendorong kecintaan terhadap tapis Lampung maka, kami akan mengusulkan kepada bapak gubernur untuk pakayan dinas putih pada hari kamis ditambah dengan ornamen Tapis Lampung," terangnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Syamsurizal Ari mengatakan sesuai dengan arahan pak gubernur guna menstabilkan produk UMKM, Pestival Kemilau Tapis Lampung yang dilaksanakan selama tiga hari berjalan dengan baik dan lancar seperti yang diharapkan.

"Jadi sesuai dengan arahan pak gubernur bagaimana cara untuk mendorong UMKM tetap stabil, tetap produksi, bisa memanfaatkan peluang pasar. Jadi dalam pestival Kemilau Lampung ini salah satu upaya pemerintah hadir," ungkapnya.

Lanjutnya, Disetiap kesempatan Gubernur Lampung mendorong setiap OPD untuk memberikan kontribusi untuk Pemulihan ekonomi.

"Berarti ini juga ukuran ekonomi bergerak, daya beli masyarakat sudah mulai naik, orang sudah mampu belanja, terjadi transaksi. Jadi kita akan geliatkan lagi UMKM,"terangnya.

Kegiatan pameran unggulan Tapis dan produksi tenunan dari 15 Kabupaten/kota binaan Desranasda Provinsi, Kabupaten/Kota, Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung dengan lembaga perbank kan sebanyak 27 stand telah berjalan dengan baik. Menjadi daya tarik pengunjung yang telah membeli dilaksanakan pameran.

"telah diadakan penjualan dan lelang produk tapis unggulan dari masing-masing peserta pameran alhamdulillah transaksi terakhir tercatat menghasilkan transaksi sebesar Rp620.810.000," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: