Arinal Berharap KTNA Jadi Penyambung Lidah ke Petani

Arinal Berharap KTNA Jadi Penyambung Lidah ke Petani

Medialampung.co.id - Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi menghadiri memberi Sambutan Sekaligus Membuka Rembug Paripurna Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Lampung Tahun 2021 di PKK Agro Park, Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (17/1).

Acara tersebut dengan tema "Rembug paripurna KTNA Lampung, Kita tingkatkan konsiliasi organisasi untuk untuk mensukseskan Petani Lampung Berjaya".

Dalam sambutannya Gubernur Arinal mengajak KTNA bangkit bersama-sama  membangkitkan Petani .

"Apa yang disampaikan hari ini harus sampai ke Petani untuk memberikan solusi dan kesejahteraan petani," ungkapnya.

Ia juga meminta para petani untuk memanfaatkan lahan kering. "Seperti peternak bebek harus disalurkan.Dinas Peternakan  bersama fakultas  peternakan mencari solusi agar petani tidak terjebak dalam masalah. Sehingga nantinya kita dapat menyalurkan ternak," lanjutnya.

Gubernur juga berharap Kartu Petani Berjaya (KPB) dan KUR berusaha di awal sehingga nanti akan berkembang guna merangsang para petani.

"Intinya petani tinggal jalan. Tetapi ada rambu-rambunya. Anda menanam padi ada ikan, bebek, ada kambing sapi menjadikan nilai tambah sehingga dalam satu tahun beberapa kali panen," ungkapnya 

Ia juga meminta terkait dengan usaha Petani yang jauh dari keramaian dengan hasil berlimpah tidak terjangkau oleh pasar maka  harus salurkan dana tersebut.

"Saat ini kita menyalurkan KUR tentu bagi usaha petani yang menggunakan uang pribadi jangan terus kan. kur kita berikan gunakan untuk tambahan dana usaha," jelas dia.

Ia juga mengatakan Lampung sudah menjadi kesempatan sebagai lokomotif pertanian Indonesia  

"Artinya Indonesia mendapatkan suasana yang baik dan memerlukan keteduhan, bukti dalam suasana Covid-19 Lampung mampu mempertahankan ketahanan pangan terbaik di Indonesia," paparnya.

Kemudian pertama kali bahan pokok di Lampung meningkat 20 persen tertinggi di Indonesia.

"Lampung punya harapan dalam Posisi covid banyak inflasi tapi pusat perekonomian Jakarta karena petani  Lampung," imbuhnya.

Ia juga berharap KTNA penyambung lidah Kepada para petani.

"Saya berharap kepada bapak-bapak untuk KTNA ini merupakan bagian penyambung lidah saya kepada para petani,"

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemilihan ketua KTNA Provinsi Lampung. Dan terpilihnya Ir. Hanan A. Rozak, M.S., anggota DPR RI terpilih menjadi ketua KTNA periode 2021-2026. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: