Antisipasi Corona, Bunda Dewi Pantau Sejumlah Lokasi 

Antisipasi Corona, Bunda Dewi Pantau Sejumlah Lokasi 

Medialampung.co.id--Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani bersama jajaran Forkopimda melakukan pemantauan di sejumlah lokasi yang disinyalir masih mengumpulkan banyak orang, Minggu (29/3).

Lokasi yang didatangi umumnya yang menggelar resepsi pernikahan. 

Dalam pemantauan ke sejumlah titik tersebut, Bupati didampingi Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arman Aris Sallo, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan serta Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i. Ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat  untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kali pertama yang disambangi oleh bupati beserta rombongan yakni Dusun Tahala Pekon Terdana Kecamatan Kotaagung, disini bupati menjelaskan kepada sohibul hajat mengenai Pandemi Corona dan bahayanya apabila mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. 

"Nah, penyebaran virus ini yang harus kita putus dengan cara, tidak mengumpulkan banyak orang terlebih dahulu, menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Saya harapkan arahan ini dapat kita patuhi sebagai bentuk rasa sayang dan cinta kita agar masyarakat Tanggamus ini tidak ada terpapar virus Corona ini," ujar Dewi. 

Usai memberikan edukasi dan arahan bupati beserta rombongan lalu bergerak menuju pekon Kesugihan, Bandar Kejadian, dan Banjarmasin, Kecamatan Kotaagung Barat, yang juga menggelar acara pernikahan.

Di tempat tersebut Bunda Dewi menyampaikan himbauan serupa kepada sohibul hajat, rombongan kemudian meneruskan pemantauan hingga ke pekon Bandar Sukabumi Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Dikatakan bupati bahwa pemantauan ke sejumlah titik tersebut sebagai upaya tegas untuk terhadap pencegahan terhadap virus Corona. Yang mana menurutnya, mungkin masih ada  masyarakat yang belum mengindahkan baik itu himbauan dari pusat, provinsi maupun kabupaten terkait dengan tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak guna mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

"Dari beberapa lokasi yang kita datangi tadi, Alhamdulillah semuanya kooperatif, memaklumi dan memahami. Saya juga mengimbau kepada masyarakat bahwa kita harus bersatu untuk mencegah dan melawan penyebaran virus Corona ini," ujar Bunda Dewi--sapaan akrabnya. 

Selain dari upaya pemantauan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, langkah lain yang dilakukan Pemkab yakni melalui Gugus Tugas, terus intens melakukan langkah-langkah strategis pencegahan covid 19 dengan melibatkan jajaran kesehatan serta seluruh aparat, hingga ke tingkat pekon dan RT.

"Disamping itu juga kita siapkan fasilitas sarana kesehatan dan tenaga medis. Tapi kalau seandainya jumlah masyarakat yang terjangkit Corona banyak tentu kita tidak mampu menanganinya, maka dari itu,  warga dirumah saja, adalah langkah konkrit memutus rantai penyebaran virus Corona ini,"terang Bunda. 

Sementara itu, Kapolres Tanggamus Tanggamus AKBP Hesmu Baroto menerangkan, imbauan agar tidak ada pengumpulan orang dalam jumlah banyak telah dilakukan oleh seluruh aparat baik dari kecamatan, Kapolsek, dan Danramil langsung kepada warga, dan jika memang masih ada temuan maka pihaknya akan turun langsung.

"Jadi kami bersama Forkopimda turun langsung sebagai wujud kepedulian kami, wujud aksi nyata, bahwa kita betul betul komitmen seluruhnya untuk memerangi wabah Corona ini, dan kita menyerukan kepada seluruhnya untuk mengantensi atas apa yang menjadi imbauan pemerintah," terangnya.

Kapolres menambahkan, sejak kurun satu bulan lalu,pihaknya tidak lagi menerbitkan surat izin keramaian atau yang sifatnya melibatkan orang banyak, guna mengantisipasi penyebaran virus corona-19, hal itu berlaku bagi semua kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. 

"Jika dari rekan-rekan ada informasi, silahkan disampaikan akan kita himbau dan kita akan datang," pungkas Hesmu. (rnn/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: