Antisipasi Bencana, Pemkab Siapkan Cadangan Pangan

Antisipasi Bencana, Pemkab Siapkan Cadangan Pangan

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP)  menyiapkan belasan ton cadangan pangan, guna antisipasi jika terjadinya bencana di Kabupaten Beguai Jejama Sai Betik ini.

Kasi Cadangan Pangan Berta Sri Darmayanti, S.P.,  mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Rusdi mengungkapkan, untuk cadangan beras, pemkab telah menyiapkan sejak tahun 2016 hingga saat ini.

“Untuk tahun ini pemerintah daerah tidak ada pengadaan beras, itu karena stok beras dan gabah masih cukup banyak. Hingga hari ini stok cadangan pangan berupa beras sebanyak 15.250 kilogram, dan gabah sebanyak 4.146 kilogram,” ujar Berta, Senin (12/8/2019)

Untuk cadangan beras pemerintah tersebut, kata dia, selama ini dititipkan di Bulog Liwa karena pemkab belum ada gudang penyimpan beras yang memenuhi standar. Sedangkan gabah disimpan di gudang Dinas Ketahanan Pangan. “Cadangan beras ini akan digunakan apabila ada musibah dan rawan kelapangan serta kemiskinan. Sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun kecamatan dan pekon yang disampaikan kepada kami maka kita siap untuk mendistribusikannya,” akunya.

Pihaknya berharap dengan adanya program bantuan  cadangan beras pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat yang memang benar-benar membutuhkannya.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: