Antisipasi Bencana BPBD Siapkan Personil dan Alat Berat 

Antisipasi Bencana BPBD Siapkan Personil dan Alat Berat 

Medialampung.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus menyiagakan sejumlah personel selama hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi bencana mengingat Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah rawan bencana alam. 

Sekretaris BPBD Tanggamus, Maryani mengatakan  anggota yang standby sebanyak 14 personel dibagi dalam dua posko. 

"BPBD sudah ada Unit Reaksi Cepat (URC). Para personel siaga di Posko Pugung dan di pusat pengendalian operasi (Pusdalops) di BPBD Tanggamus lengkap dengan peralatan rescue," ujar Maryani mewakili Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha. 

Ditambahkan Kepala Bidang Kedaruratan, BPBD Tanggamus Mansyurin bahwa alat berat juga disiagakan sebanyak tiga unit. 

"Alat berat punya BPBD ada satu sedang bekerja membuat tanggul darurat di Way Semuong dan memang disiagakan disitu sebagai antisipasi jika tanggul jebol lagi, lalu yang milik dinas PUPR dan Dinas Perikanan standby di dinas masing-masing dan itu bisa kami pinjam jika nantinya ada kejadian bencana," katanya. 

Kemudian terkait dengan musim hujan, Mansyurin mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap banjir dan tanah longsor khususnya daerah-daerah yang memang selama ini menjadi daerah langganan banjir. 

Ia juga mengatakan bahwa selama libur Idul Fitri masyarakat diimbau agar menerapkan standar prosedur Covid-19 yakni tidak keluar rumah , menerapkan social distancing, physical distancing. 

"Jika memang diharuskan untuk keluar rumah harap menggunakan masker," pungkas Mansyurin. (rnn/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: