Anggaran Rp2,947 Miliar Disiapkan untuk Bidang Perkebunan

Anggaran Rp2,947 Miliar Disiapkan untuk Bidang Perkebunan

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar tahun ini akan mengalokasikan dana sebesar Rp2,947 miliar lebih untuk tiga program di bidang perkebunan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si memaparkan, dana sebesar Rp2,947 miliar lebih itu terdiri dari program penyediaan dan pengembangan prasrana dan sarana perkebunan dan peternakan sebesar Rp857 juta lebih, program peningkatan nilai tambah, daya saing dan pemasaran hasil perkebunan sebesar Rp1,026 miliar lebih serta program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan sebesar Rp1,063 miliar lebih.

“Untuk peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan merupakan salah satu prioritas program pemerintah daerah melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan,” ujar Okmal.

Kata dia, pada program penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana perkebunan dan peternakan akan ada kegiatan sekolah lapangan pengelolaan lahan dan air, peningkatan daya guna lahan perkebunan, penyediaan alat dan mesin pertanian, pengembangan kewirausahaan dan penguatan kelembagaan kelompok tani pengelola tanaman perkebunan. Lalu, akan ada dukungan pembiyaan perkebunan dan peternakan, pengembangan usaha tani perkebunan berbasis konservasi, serta penyusunan peta termatik kesuburan lahan.

“Kemudian program peningkatan nilai tambah, daya saing dan pemasaran hasil perkebunan, akan ada kegiatan seperti promosi atas hasil produksi pertanian atau perkebunan unggulan daerah, penanganan pasca panen dan pengolahan hasil komoditas perkebunan, festival kopi Lampung Barat, dan operasional sekolah kopi robusta Lampung Barat,” ucap Okmal.

Seraya menambahkan, untuk peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan meliputi kegiatan pengembangan tembakau pada kelompok tani, bimbingan teknis dan pengendalian hama dan penyakit tanaman perkebunan. Selain itu juga ada pembangunan Agro Tekno Park kopi robusta Liwa Lampung (ATP Korolla), diversifikasi tanaman kopi dengan tanaman perkebunan, intensifikasi dan peremajaan tanaman kopi serta pembinaan usaha pembenihan tanaman perkebunan. “Dengan adanya sejumlah kegiatan ini, diharapkan kedepan produksi, produktivitas serta mutu  kopi di Kabupaten Lambar terus meningkat dan pada akhirnya masyarakat Lambar akan sejahtera,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: