Alokasi Dana Desa Tanggamus Tahun Ini 261 Miliar Lebih

Alokasi Dana Desa Tanggamus Tahun Ini 261 Miliar Lebih

Medialampung.co.id - Alokasi Dana Desa (DD) bagi 299 Pekon di Tanggamus tahun 2022 ini Rp261,388 miliar lebih.

Jumlah tersebut turun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai Rp290,451 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arpin melalui, Kabid Keuangan, Aset, Kekayaan dan Produk Hukum Pekon, Syaifuddin mengatakan, penurunan tersebut diputuskan pusat.

Salah satu penyebab turunnya (DD) karena indeks desa membangun di Tanggamus meningkat, sehingga anggaran tersebut diturunkan.

"Saat ini hanya ada tiga pekon tertinggal dari sebelumnya 32 pekon. Itu yang mendasari pusat menurunkan anggaran DD. Pusat juga memiliki target dengan program DD. Program ini tidak terus menerus jumlahnya sama, supaya tidak sia-sia," kata Syaifuddin, belum lama ini.

Syaifuddin menerangkan, tujuan direalisasikannya DD adalah untuk pertumbuhan perekonomian kerakyatan. Apabila itu sudah tumbuh maka anggaran pun dikurangi. 

"Pusat tidak asal mengurangi DD tapi didasari hasil yang dicapai dari adanya program DD tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan berkurangnya DD tahun ini maka berkurang pula anggaran yang diterima tiap pekon. Akan tetapi pengurangan tidak sama sebab hal itu karena DD yang diterima pekon tergantung indikator pekon setempat, sehingga bervariasi.

"Penentuan besar kecilnya DD yang diterima tiap pekon dalam tahun ini diputuskan langsung oleh Kementerian Keuangan. Ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, pusat juga menginstruksikan sebagian besar digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Persentasenya 40 persen dari anggaran yang diterima tiap pekon, 8 persen untuk penanganan Covid-19, 20 persen guna ketahanan pangan dan hewani, lantas sisanya 32 persen untuk kebutuhan pekon sesuai hasil musyawarah desa," pungkas Syaifuddin.(ehl/Iqb/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: