562 Calon Jemaah Haji Lampura Akan Diberangkatkan di Tahun Berikutnya 

562 Calon Jemaah Haji Lampura Akan Diberangkatkan di Tahun Berikutnya 

Medialampung.co.id - Sebanyak 562 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) akan dijadikan prioritas pada pemberangkatan pelaksanaan haji untuk tahun berikutnya. 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji & Umroh (PHU), Kemenag Lampura, Feryza Agung menjelaskan bahwa sebanyak 562 CJH terdiri 240 lansia dan 322 non lansia. Dimana untuk kategori lansia sudah dilakukan vaksinasi Covid-19. 

"CJH lansia sudah melakukan vaksinasi di lima UPTD Puskesmas yang ada. Yaitu Puskesmas Kotabumi 1, Kotabumi 2, Negara Ratu, Madukoro dan Kalibalangan. Insha Allah, semua jemaah yang tertunda keberangkatannya di tahun ini akan menjadi kuota prioritas di tahun berikutnya, yaitu 2022," kata dia, saat diwawancarai oleh Medialampung.co.id diruang kerjanya, Jum'at, (4/6). 

Lebih lanjut, Agung mengatakan hingga saat ini belum ada CJH asal Lampura yang melakukan penarikan dana pelunasan ibadah haji.

"Sampai saat ini, belum ada CJH yang menarik dana BPIH. Untuk dana BPIH itu aman tersimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Pusat," katanya.

Agung berharap kepada masyarakat Lampura khususnya CJH untuk bersabar mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini. Sehingga kesehatan, keamanan dan keselamatan jiwa jemaah harus lebih diutamakan.

"Pembatalan ini merupakan berita pahit, tapi ini yang terbaik untuk para calon jemaah di kabupaten Lampura," ujarnya. 

Pembatalan itu menyusul kebijakan pemerintah dalam hal ini Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021.(adk/ozy/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: