4.079 Siswa SD di Lambar akan Ikuti ANBK 

4.079 Siswa SD di Lambar akan Ikuti ANBK 

Medialampung.co.id - Sebanyak 4.079 siswa yang tersebar di 214 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lambar akan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SD yang digelar bulan November ini.

Kegiatan ANBK tingkat SD itu dibagi kedalam empat gelombang, yaitu golombang I dan II akan dilaksanakan Senin-Kamis (15-18/11) sedangkan gelombang III dan IV akan digelar Senin-Kamis (22-25/11).

“Jadi nanti pada saat pelaksanaan ANBK tingkat SD ada empat gelombang. Model pelaksanaanya yaitu semi online dan online,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M. 

Menurut dia, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh Satuan Pendidikan.

“Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid,” tegasnya.

Lanjut dia, Asesmen Nasional ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. 

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” kata dia 

Ia menambahkan, pada ANBK 2021, responden murid dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 orang murid untuk SD/MI. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: