2022, Tenaga Kontrak BOK Puskesmas 51 Orang

2022, Tenaga Kontrak BOK Puskesmas 51 Orang

Medialampung.co.id - Saat ini Kabupaten Lampung Barat baru memiliki sebanyak 47 tenaga kontrak Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas, terdiri dari tenaga administrasi keuangan, tenaga promosi kesehatan, tenaga gizi dan tenaga analis laboratorium. 

Ke-47 tenaga kontrak BOK tersebut tersebar di 15 puskesmas yang ada di kabupaten setempat. Mengingat idealnya masing-masing memiliki empat tenaga teknis, administrasi keuangan (Epidemiologi), promosi kesehatan, tenaga gizi dan tenaga analis laboratorium atau berjumlah sebanyak 60 orang tenaga kontrak BOK maka Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat akan melakukan penambahan pada tahun 2022 mendatang. 

Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) pada Dinkes Lambar Wasis Supriyadi, ST, M.Ak., mengatakan, pemenuhan tenaga kontrak BOK itu tergantung dari kesiapan dari puskesmas itu sendiri, termasuk rekomendasi untuk calon tenaga kontrak yang akan mengikuti seleksi sesuai formasi yang dibutuhkan. 

"Untuk tenaga kontrak BOK ini akan dilanjutkan di tahun 2022 (perpanjangan kontrak), jika tahun ini hanya berjumlah 47 orang tahun 2022 berjumlah 51 orang atau akan bertambah sebanyak empat orang dari tahun ini, saat ini sudah ada puskesmas yang lengkap dan ada yang belum," ungkap Wasis mendampingi Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., Jumat (3/12).

Dikatannya, proses seleksi tenaga kontrak BOK Puskesmas dilakukan langsung oleh Dinkes, namun peserta seleksi wajib mendapatkan rekomendasi dari kepala puskesmas. 

"Kami juga secara berkala melakukan evaluasi tenaga kontrak BOK Puskesmas, tenaga kontrak yang lolos dari evaluasi tersebut, akan dilakukan perpanjangan kontrak dan sejauh ini tenaga kontrak telah melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik, sehingga kemungkinan besar perpanjangan kontrak akan dilakukan," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: