146 Mahasiswa Unila-Universitas Muhammadiyah Metro Praktikum di KRL

146 Mahasiswa Unila-Universitas Muhammadiyah Metro Praktikum di KRL

Medialampung.co.id - Sebagai implementasi atas nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lampung Barat dengan Universitas Lampung  tentang penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat,  sebanyak 116 mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan melaksanakan praktek lapangan mata kuliah biologi di Kebun Raya Liwa selama dua hari, Sabtu-Minggu ( 23-24/11)

Kegiatan praktikum akan dipusatkan di tanah hias, taman buah, taman araceae dan juga aliran sungai yang ada di Kebun Raya Liwa.

"Tujuan dilakukannya kegiatan praktikum ini adalah menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang Kebun Raya Liwa serta meningkatkan kesadaran dan motivasi mahasiswa  untuk konservasi flora dan fauna yang ada di Lampung dan di luar Lampung," ungkap Kepala UPT Kebun Raya Liwa Sukimin mendampingi Kepala Balitbang Tri Umaryani.

Dikatakannya, dipilihnya Kebun Raya Liwa berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Gunardi Djoko Winarno, M.Si  selaku dosen pendamping karena kondisi Kebun Raya Liwa cocok dijadikan tempat untuk melakukan ekowisata karena memiliki berbagai jenis koleksi tumbuhan yang merepresentasikan tumbuhan dataran tinggi Sumatera Bagian Selatan. Untuk itu penting bagi mahasiswa untuk melakukan praktikum tersebut yang dapat menunjang ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan. [caption id="attachment_28528" align="aligncenter" width="1152"] Sebanyak 30 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro Melakukan Praktikum Lapangan di Kebun Raya Liwa Kabupaten Lambar[/caption]

Lanjut dia, selain dari Fakultas Pertanian Unila, diwaktu yang sama, sebanyak 30 mahasiswa FKIP Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro dengan didampingi tiga orang dosen  melaksanakan praktekum lapangan mata kuliah ekologi. Kegiatan praktikum dipusatkan di taman araceae dan kebun koleksi KRL.

"Jadi ada 146 mahasiswa dari Universitas Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro yang melakukan pratikum lapangan di Kebun Raya Liwa," pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: