Produksi Kopi di Lambar Naik 5-10 Persen

Produksi Kopi di Lambar Naik 5-10 Persen

Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P--

Medialampung.co.id - Produksi kopi tahun ini di Kabupaten Lambar ada kenaikan sebesar 5-10 persen. 

Hal itu sesuai dengan hasil pantauan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) di lahan perkebunan milik sejumlah petani. 

“Kalau hasil pantauan kita dilapangan, hasil panen kopi tahun ini mengalami kenaikan sekitar 5-10 persen seperti halnya di Kecamatan Batubrak dan Kecamatan Sekincau,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P, mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan, S.I.P, Jumat (3/6).

Masih kata dia, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Lambar untuk produksi kopinya mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. 

“Naiknya produksi kopi ini dikarenakan curah hujan tidak terlalu tinggi dan hujan pada malam hari tidak dominan seperti tahun lalu yang curah hujannya tinggi,” kata dia

Lanjut dia, adapun upaya yang akan dilakukan pihaknya untuk peningkatan produksi kopi yaitu melakukan pembinaan langsung kepada kelompok tani baik formal maupun secara formal, kemudian bekerjasama dengan komunitas peduli kopi akan terus melakukan peningkatan kapasitas untuk memelihara kebunnya. 

 

“Dengan adanya berbagai upaya tersebut, kita berharap produksi kopi di Kabupaten Lambar akan meningkat,” pungkas dia seraya menambahkan, pihaknya menargetkan produksi kopi di Kabupaten Lambar tahun ini menargetkan produksi kopi robusta sebanyak 63.600 ton, dengan target produktivitas 1,2 ton/hektar (Ha).(lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: