Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC PDI Perjuangan Lambar Gelar Upacara

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC PDI Perjuangan Lambar Gelar Upacara

--

Medialampung.co.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Lampung Barat menggelar upacara peringatan hari kelahiran Pancasila yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/6).

Acara tersebut berlangsung di Halaman Kantor DPC PDI Perjuangan Lampung Barat, Kecamatan Balik Bukit dan dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat, H. Parosil Mabsus yang saat ini menjabat sebagai Bupati Lampung Barat.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila itu pun turut dihadiri Sekretaris, Bendahara, Pengurus Anak Cabang (PAC) Badan, dan Sayap PDI Perjuangan Lampung Barat.

Selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat H. Parosil Mabsus, melalui amanatnya ia mengatakan jika peringatan hari pancasila itu sudah menjadi keputusan pemerintah Republik Indonesia (RI)  yang mesti diperingati setiap tahunnya. 

"Hari ini PDI Perjuangan menjadi  bagian serta harus menjadi garda terdepan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbhineka tunggal Ika," ucap Parosil seraya menambahkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama dan budaya dari Sabang sampai Merauke yang mesti dijaga dan dipertahankan.

Parosil menjelaskan, perbedaan tidak boleh menjauhkan anak bangsa, akan tetapi justru perbedaan menjadi warna tersendiri dalam rangka menjaga persatuan dan keutuhan NKRI.

Sebagai kader, struktur dan petugas PDI Perjuangan, lanjut Parosil, mempunyai tanggung jawab untuk mempertahankan apa yang menjadi kesepakatan para pendiri bangsa RI. "Bukan hanya satu golongan, agama dan suku saja, tetapi ini sudah menjadi kesepakatan dari berbagai elemen dan tokoh perjuangan RI," cetusnya.

Parosil berharap kepada para struktur, kader dan petugas PDI Perjuangan agar senantiasa dapat membumikan dan memahami 5 (lima) butir yang terkandung di dalam Pancasila.

"Kita sebagai generasi yang melanjutkan dan mengisi pembangunan dalam menjaga keutuhan NKRI mengharapkan kepada para struktur, kader dan petugas partai kita bersama membumikan dan memahami Pancasila terdiri dari 5 sila," kata Parosil.

Lanjut dia, yang diawali dengan Ketuhanan Yang Maha Esa yang menggambarkan bahwa kita punya keyakinan-keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, walaupun berbeda tetapi semoga menjadi warna penguat dalan pertalian persaudaraan NKRI.

Selain itu, Parosil mengajak seluruh jajaran Pengurus PDI Perjuangan Lampung Barat untuk dapat mempertahankan keutuhan Pancasila dan menyampaikan kepada masyarakat, sesuai ini Pancasila sila ketiga, yakni Persatuan Indonesia.  

 

"Karena kita menganut demokrasi Pancasila, kita harus melakukan dan melaksanakan berbagai macam pemilihan dari Pekon, Kabupaten, Provinsi hingga sampai ke Nasional, jangan sampai terjadi perselisihan hanya karena berbeda pilihan," pungkasnya.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: