Heboh Kabar Jasad Eril Ditemukan, Pihak Keluarga Angkat Bicara

Heboh Kabar Jasad Eril Ditemukan, Pihak Keluarga Angkat Bicara

Medialampung.co.id - Kabar ditemukannya bagian tubuh Emmeril Kahn Mumtadz (23) alias Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss, menghebohkan publik.

Dari kabar yang tersebar, bagian tubuh Eril saat ditemukan sudah dalam kondisi menggembung lantaran terisi air sungai.

Sang ayah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan dikabarkan sampai menangis haru saat mengetahui jasad anaknya itu ditemukan.

Kabar tersebut datang dari salah satu video di kanal YouTube CCTV SELEB pada Senin (30/5) berjudul "Pagi Ini || Detik-detik Interpol Swiss Kabarkan Temukan Emmeril Khan, Tangis Haru Ridwan Kamil".

Bila dilihat dari sisi cover thumbnail, tampak cover thumbnail dari Insert Pagi pada postingan yang bertuliskan "Tim SAR Swiss temukan Emmeril potongan tubuh subah mengembung"

Akan tetapi, benarkah bagian tubuh Eril memang benar-benar sudah ditemukan atau hanya karangan belaka?

Beberapa saat yang lalu perwakilan keluarga Ridwan Kamil, yakni Elpi Nazmuzzaman menggelar konferensi pers resmi.

Dari hasil konferensi pers itu, Kang Elpi, sebutannya, sama sekali tidak memberitahu adanya penemuan bagian tubuh Eril.

Kang Elpi menyebut sampai dengan saat ini Tim SAR dan pihak berwenang di Swiss masih terus melakukan proses pencarian Eril.

Sampai dengan hari ke-4, pemerintah Swiss pun turut serta membantu terus proses pencarian sampai Eril ditemukan.

Dilansir dari laman saberhoaks.jabarprov.go.id, Kang Elpi mengatakan bahwa pencarian di hari ke-4 akan mulai digunakan perahu motor alias boat.

Boat tersebut akan berjalan secara berliku-liku (zig-zag) untuk mencari tahu keberadaan Eril.

"Jadi di hari ke-4 ini dilakukan pencarian dengan menggunakan boat, jadi rutenya dilakukan secara zig-zag," ucap Kang Elpi, dikutip dari kanal YouTube Biro Adpim Jabar pada Senin 30 Mei 2022.

"Dan satu buat diisi oleh tiga orang, satu pengendali boas dan dua menggunakan menggunakan teropong yang bisa melihat kedalaman," sambungnya.

Sementara itu, pihak otoritas Swiss juga diperkenankan untuk terjun langsung melihat dari jarak dekat.

Pihak KBRI juga diperkenankan untuk turut serta membantu proses pencarian Eril sehingga bisa berkomunikasi lebih intens.

Selain boat, pihak keluarga mendapat laporan bahwa sudah ada penyelam yang sudah turun ke sungai Aare Bern melakukan pencarian.

Ditambah lagi ada drone yang terbang rendah di sungai tersebut.

"Selain boat kami juga mendapat foto, video, dan laporan ada beberapa divers yang sudah turun di bawah permukaan air melakukan pencarian dan juga ada drone yang terbangnya rendah," tuturnya.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa informasi bagian tubuh Eril sudah ditemukan di Sungai Aare, Bern, Swiss dapat dipastikan tidaklah benar.

Informasi yang tersebar di media sosial dapat disanggah karena tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. (*)

(Artikel ini telah lebih dulu tayang di Disway.id dengan judul Soal Isu Bagian Tubuh Eril Ditemukan, Ini Tanggapan Pihak Keluarga Ridwan Kamil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: