Target Imunisasi 2.798 Anak, Puskesmas Batubrak Buka Pos BIAN di 36 Titik

Target Imunisasi 2.798 Anak, Puskesmas Batubrak Buka Pos BIAN di 36 Titik

--

Medialampung.co.id – UPT Puskesmas Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menyiapkan sebanyak 36 pos pelayanan imunisasi yang tersebar 11 pekon di kecamatan setempat untuk menyukseskan program Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) tahun 2022. 

Hal demikian disampaikan Kepala Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M, usai menggelar rapat teknis kegiatan bersama seluruh staf puskesmas, bidan desa, bidan puskesmas, perawat, perawat pekon serta petugas puskesmas pembantu dari masing-masing pekon.

Nezwan mengatakan, ada beberapa poin yang telah dibahas dalam rapat tersebut diantaranya teknis pelaksanaan, pembentukan tim, target sasaran yang harus dicapai, kerjasama lintas sektoral sekaligus upaya membangun komunikasi dan koordinasi.

“Di Batubrak kita targetkan sebanyak 2.798 anak yang akan di imunisasi. Ada dua jenis imunisasi yang diberikan yaitu jenis Measles and Rubella (MR) diberikan pada usia 9 bulan - 12 tahun total sasarannya sebanyak 2495 anak. Kemudian kejar Imunisasi DPT, Polio, IPV sasarannya sebanyak 303 anak,” papar Nezwan. 

Untuk pos pelayanan, terus Nezwan, pihaknya akan membuka pos di 36 titik yakni 13 pos di sekolah dasar, 7 pos satuan pendidikan TK/PAUD, 15 Posyandu serta satu titik di Puskesmas setempat.

“Setiap sasaran sudah ditentukan secara by name by address termasuk tercantum NIK ibu dan anak, untuk itu kami mengharapkan peran orang tua agar dapat membawa anaknya mengikuti pelayanan imunisasi yang digelar,” harapnya.

Sebab, secara umum imunisasi ini merupakan imunisasi tambahan daripada imunisasi dasar lengkap. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kejadian luar biasa akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah imunisasi.

 

“Kemudian untuk mempercepat eliminasi campak, kita harapkan akan segera bebas campak. Melalui imunisasi ini kita percepat eliminasi campak serta untuk menurunkan angka kesakitan,” imbuh dia.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: