
MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tidak banyak UMKM di Indonesia yang berhasil menembus pasar ekspor, apalagi di bidang makanan sehat. Namun, kisah sukses Casa Grata menunjukkan bahwa hal tersebut bukan mustahil.
Berkat pendampingan dan dukungan strategis dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), merek camilan sehat ini berhasil memperluas pasarnya ke luar negeri dan mencatatkan ekspor perdana ke Singapura.
Keberhasilan ini tidak datang begitu saja. Langkah awal dimulai dari ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura yang digelar pada 8-11 April 2025.
Dalam pameran internasional ini, Casa Grata menampilkan berbagai produk camilan sehat unggulan mereka, seperti Sea Salt Crackers, Onion & Garlic Crackers, hingga Chocolate Cashew Crunchy Drop Cookies.
BACA JUGA:BRI Genjot KUR: Pertanian dan UMKM Jadi Fokus Pendorong Ekonomi
Semua produknya dibuat tanpa MSG, tanpa pengawet, gluten free, vegan, dan bebas lemak trans — menjadikannya sangat cocok untuk gaya hidup modern yang lebih sehat.
CEO Casa Grata, Jane Tanuwijaya, menuturkan bahwa partisipasi di ajang tersebut menjadi titik balik dalam perjalanan bisnisnya.
“Banyak buyer yang tertarik setelah mencicipi produk langsung di lokasi. Dari sanalah komunikasi berlanjut dan kami mulai mengirimkan produk ke Singapura secara rutin sejak Mei,” ungkapnya.
Perjalanan ekspor ini tidak terlepas dari peran BRI yang aktif memberikan pelatihan, melakukan kurasi produk, serta memfasilitasi promosi dan jaringan bisnis.
BACA JUGA:BRI Jadi No.1 di Indonesia, Tembus 10 Besar Keuangan Asia Tenggara Versi Fortune 500
Pendampingan ini menjadi pembeda yang memungkinkan UMKM seperti Casa Grata untuk naik kelas dan siap bersaing secara global.
"Kami bisa tampil di FHA karena melalui proses kurasi dari BRI. Bahkan sebelumnya kami sempat ikut inkubasi bisnis Growpreneur dan dua kali tampil di BRI UMKM EXPO(RT),” ujar Jane.
Capaian Casa Grata tidak hanya terbatas pada pencapaian ekspor. UMKM ini juga berhasil meraih predikat Best Participant dalam program Growpreneur dan masuk Top 20 Pengusaha Muda Brilian 2024, membuktikan bahwa keberhasilan bukan hanya soal produk, tapi juga soal strategi, inovasi, dan konsistensi dalam menjalankan bisnis.
Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, menyampaikan bahwa keberhasilan Casa Grata merupakan bukti nyata dari pemberdayaan UMKM yang tepat sasaran.
BACA JUGA:BRI Siap Layani Nasabah di Momen Long Weekend