Tips dan Resep Mujarab untuk Sesak Nafas ala dr. Zaidul Akbar

Senin 21-10-2024,21:53 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sesak napas adalah kondisi yang sering dialami banyak orang dengan durasi yang bervariasi. Beberapa orang hanya mengalami sesak napas dalam waktu singkat, sementara yang lain bisa mengalaminya dalam jangka waktu lebih lama.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari aktivitas fisik, paparan alergen, obesitas, infeksi virus atau bakteri, hingga kondisi kesehatan lainnya.

dr. Zaidul Akbar membagikan beberapa obat herbal yang dipercaya dapat membantu mengatasi sesak nafas. Herbal ini memiliki efek hangat yang dapat membantu membersihkan lendir di saluran pernapasan, sehingga memudahkan pernapasan. Selain itu, bahan-bahan herbal ini mudah didapat dan terjangkau.

Menurut dr. Zaidul Akbar, penggunaan obat herbal secara teratur dapat membantu mengurangi intensitas sesak napas. Namun, beliau mengingatkan bahwa bahan alami ini hanya berfungsi sebagai obat sementara. Untuk memastikan kesehatan yang lebih baik, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:Tips Bakso Sapi Kenyal Anti Gagal: Rahasia Lezat yang Wajib Kamu Coba

Sesak napas bisa menjadi kondisi serius dan berpotensi mengancam jiwa, terutama jika disertai dengan nafas yang sangat pendek. Dalam kasus darurat, sangat penting untuk segera membawa pasien ke Unit Gawat Darurat (UGD) untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Jika dalam kondisi darurat dan laju pernapasan sangat pendek, segera bawa ke UGD karena dapat mengancam jiwa. Saya selalu mengatakan, lebih baik cari aman dulu," ujar dr. Zaidul Akbar.

Untuk penggunaan sehari-hari, dr. Zaidul Akbar merekomendasikan mengonsumsi obat herbal tertentu. Beberapa di antaranya adalah kencur, jahe, serai, lengkuas, dan cengkeh. Herbal ini dipercaya memiliki sifat pedas dan hangat yang membantu membuang lendir yang menghalangi pernapasan.

"Ini untuk penggunaan harian. Semua herbal yang sifatnya hangat, panas, dan pedas bagus untuk membuang lendir. Seperti kencur, jahe, serai, lengkuas, dan cengkeh. Jadi bagi penderita asma atau sesak napas, minum ini adalah langkah pertama," jelasnya.

BACA JUGA:Cara Membuat Obat Tetes Mata Secara Alami ala dr. Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar juga merekomendasikan penggunaan obat hirup seperti nebulizer bagi mereka yang mengalami sesak napas untuk melegakan pernapasan.

Kategori :